Will Smith raih piala Oscar pertamanya setelah 20 tahun penantian

BERITA TREND MASA KINI – Setelah membintangi 32 film yang telah menghasilkan lebih dari $4 miliar dolar di box office, dan banyak diantaranya yang mendapat pujian dari para kritikus film, aktor Hollywood kawakan Will Smith akhirnya memenangkan Oscar pertamanya.

Will Smith menerima Oscar untuk aktor terbaik dalam peran utama pada perhelatan Academy Award yang ke 94, Minggu (27/03/2022) malam. Film terbarunya, King Richard, sebuah drama biografi yang menggambarkan kisah awal Venus dan Serena Williams, kakak beradik yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia olahraga khususnya di tenis. Smith berperan sebagai ayah dari Williams bersaudara, yakni Richard Williams. Film ini menggambarkan pentingnya peran Richard Williams dalam karir kedua putrinya tersebut. Ditengah-tengah diskriminasi yang dihadapi Williams bersaudara yang berulang kali ditolak oleh banyak manajer kulit putih meskipun bakat keduanya bisa terlihat dengan jelas, Richard berkomitmen melatih putri-putrinya itu sendiri dan bertekad untuk menggores nama Venus dan Serena, ke dalam sejarah.

Penampilannya di King Richard adalah nominasi Oscar ketiganya, setelah Ali dan The Pursuit of Happyness. Nominasi Oscar pertama Smith adalah ketika ia berperan sebagai Muhammad Ali di film “Ali” pada tahun 2002, yang banyak orang bilang ia seharusnya memenangkan aktor terbaik dua dekade lalu. Hal yang sama juga pernah terjadi pada aktor Leonardo DiCaprio yang harus menunggu lama untuk akhirnya membawa pulang piala Oscar pada tahun 2015 untuk film The Revenant.

Sayangnya, kemenangan itu dibayang-bayangi oleh insiden yang terjadi antara dirinya dengan Chris Rock. Sesaat setelah pembawa acara malam itu, aktor dan komedian Chris Rock bergurau tentang kepala plontos istri Smith, yakni Jada Pinkett-Smith. Gurauan tersebut dianggap tidak peka karena Jada telah mengumumkan ke publik bahwa dirinya menderita auto-imun yang mengakibatkan alopecia, kondisi kerontokan rambut yang parah hingga terjadi kebotakan. Smith lalu naik ke atas panggung dan menampar Rock di acara yang disiarkan secara Live atau langsung.  Setelah Smith duduk lagi, dia juga masih sempat meneriaki Rock dua kali untuk tidak menyinggung nama istrinya.

Namun kurang dari 24 jam kemudian, Smith menggunggah permintaan maafnya kepada Rock di akun Instagramnya yang menyatakan bahwa perbuatannya kemarin keluar jalur. Berikut ini adalah isi dari permintaan maaf tersebut.

Kekerasan dalam segala bentuknya adalah racun dan destruktif. Perilaku saya di Academy Awards tadi malam tidak dapat diterima dan tidak dapat dimaafkan. Lelucon bagi saya adalah bagian dari pekerjaan, tetapi lelucon mengenai kondisi medis Jada terlalu berat untuk saya tanggung dan saya bereaksi secara emosional.

Saya ingin secara terbuka meminta maaf kepada Anda, Chris. Saya keluar jalur dan saya salah. Saya malu dan tindakan saya tidak menunjukkan pria yang saya inginkan. Tidak ada tempat untuk kekerasan di dunia cinta dan kebaikan.

Saya meminta maaf kepada Academy, para produser acara, kepada segenap undangan yang hadir dan semua orang di dunia yang menonton. Saya juga meminta maaf kepada keluarga Williams dan keluarga King Richard saya. Saya menyesali dengan dalam perbuatan saya yang telah menodai apa yang seharusnya menjadi perjalanan yang menakjubkan buat kita semua.

Saya akan terus belajar.

Hormat saya,

Will

 

 

 

 

 

Related posts