BERITA TREND MASA KINI – Hemorrhoids atau wasir, adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bagian bawah. Pembengkakan vena ini dapat menyebabkan rasa sakit, gatal pada anus, dan pendarahan dubur. Wasir dapat terjadi di dalam rektum (wasir dalam) atau di bawah kulit di sekitar anus (wasir luar).

Kita semua dilahirkan dengan wasir, tetapi pada dasarnya, mereka tidak mengganggu kita. Hanya ketika mereka membengkak dan membesar mereka dapat menimbulkan gejala yang menjengkelkan. Wasir umum terjadi seiring bertambahnya usia, lebih dari setengah orang di atas usia 50 tahun mengalami wasir. Itu karena jaringan yang menopang pembuluh darah di rektum dan anus Anda bisa melemah dan meregang. Ini juga bisa terjadi saat Anda hamil, karena berat badan bayi memberi tekanan pada daerah anus.

Anda mungkin lebih berisiko mengalami wasir  jika Anda:

  • Memiliki kelebihan berat badan/obesitas.
  • Sedang hamil.
  • Kurang makan makanan berserat.
  • Mengalami sembelit atau diare kronis.
  • Sering mengangkat benda berat.
  • Menghabiskan banyak waktu duduk di toilet.
  • Mengejan terlalu keras saat buang air besar.

Umumnya ada tiga macam wasir:

  1. Wasir Eksternal: Pembengkakan pembuluh darah di bawah kulit di sekitar anus. Anus Anda adalah saluran tempat kotoran keluar. Wasir luar bisa terasa gatal dan nyeri. Kadang-kadang, mereka berdarah. Terkadang mereka terisi dengan darah yang bisa menggumpal. Ini tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak.
  2. Internal: Pembengkakan pembuluh darah di dalam rektum. Rektum Anda adalah bagian dari sistem pencernaan yang menghubungkan usus besar (usus besar) ke anus. Wasir internal mungkin berdarah, tetapi biasanya tidak menyakitkan.
  3. Prolaps: Baik wasir internal maupun eksternal dapat mengalami prolaps, artinya mereka meregang dan menonjol di luar anus. Wasir ini bisa berdarah atau menyebabkan rasa sakit.

Komplikasi wasir jarang terjadi tetapi meliputi:

  • Anemia. Wasir dapat menyebabkan anemia, di mana Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke sel-sel Anda.
  • Wasir yang tercekik. Jika suplai darah ke wasir internal terputus, wasir mungkin “tercekik”, yang dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.
  • Pembekuan darah. Terkadang, gumpalan bisa terbentuk di wasir (thrombosed hemorrhoid). Meskipun tidak berbahaya, itu bisa sangat menyakitkan dan terkadang perlu ditusuk dan dikeringkan.

Berikut adalah beberapa pengobatan rumahan untuk mengatasi wasir.

  • Perbanyak mengkonsumsi serat tinggi.

Mulailah penyembuhan dari dalam ke luar dengan diet tinggi serat, yang dapat mengurangi pendarahan dan rasa sakit akibat wasir. Isi piring Anda dengan buah dan sayuran kaya serat, beras merah, biji-bijian, dan kacang-kacangan untuk meredakan wasir. Minum banyak air juga dapat mencegah sembelit.

  • Kantong teh celup

Wasir eksternal dapat ditenangkan dengan mengompresnya menggunakan kantong teh basah yang hangat. Asam tanat dalam teh akan membantu mengurangi pembengkakan, meredakan rasa sakit, dan meningkatkan pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan.

  • Rendam air hangat

Berendam dengan air hangat air hangat meningkatkan aliran darah untuk membantu mengecilkan pembuluh darah yang bengkak. Jangan lupa untuk memastikan posisi berendam Anda tepat sasaran. Dan Anda juga bisa menambahkan segenggam garam Epsom untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Es batu

Isi kantong dengan es, bungkus dengan kain tipis yang bersih, dan duduk di atasnya selama sekitar 20 menit untuk menghilangkan wasir. Ulangi seperlunya, tetapi tunggu setidaknya sepuluh menit di antara setiap aplikasi. Cara ini dapa mengecilkan wasir dan memberikan kelegaan besar.

  • Petroleum Jelly atu minyak ter

Petroleum jelly dapat menenangkan daerah yang terkena jika Anda mengoleskan sedikit ke tempat yang sakit untuk menghilangkan wasir lebih cepat.

  • Kentang

Kedengarannya aneh, tetapi saat diparut, umbinya bertindak sebagai zat yang menenangkan. Kompresan yang terbuat dari kentang adalah obat rumah yang sangat efektif untuk wasir.

  • Tanaman Witch Hazel

Tumbuhan berwarna kuning ini selain memiliki banyak khasiat bagi kecantikan, juga termasuk salah satu tanaman yang telah disetujui Food and Dug Administration (FDA) sebagai bahan untuk obat-obatan yang dijual bebas. Witch hazel penuh dengan tanin, yang membantu mengecilkan pembuluh darah. Basahi kapas dengan air witch hazel murni dan tekan ke wasir.

Dan berikut tips lainnya yang akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki wasir.

  • Jangan suka menunda atau menahan saat Anda ingin buang air besar. Kebiasaan menunda ke kamar kecil dapat mengakibatkan konstipasi, yang berarti Anda perlu lebih banyak mengejan. Itu bisa menyebabkan tekanan di perut Anda dan menyebabkan wasir.
  • Gunakan tisu yang aman dari parfum. Kertas toilet beraroma dan berwarna mengandung bahan kimia tambahan yang dapat mengiritasi area sensitif. Basahi kertas toilet polos, putih, tanpa pewangi atau gunakan handuk basah saat Anda perlu menyeka. Tindak lanjuti dengan mengoleskan pelembab tanpa pewangi dengan tisu wajah.
  • Apabila Anda merasakan sakit pada wasir Anda, cukup angkat beban dari area anus Anda yang sakit dengan berbaring telentang di sofa dengan kaki terangkat selama setengah jam. Itu akan meningkatkan sirkulasi ke bagian belakang Anda.
  • Jaga agar tetap bersih. Jangan gunakan sabun atau tisu berbasis alkohol atau wewangian, yang dapat memperburuk wasir. Pastikan Anda juga menyeka dan mengeringkan area sekitar wasir.
  • Hindari duduk terlalu lama. Jika Anda memiliki wasir dan seorang pekerja yang mengharuskan Anda banyak duduk, berjalanlah selama lima menit setidaknya sekali dalam satu jam untuk meredakan tekanan rektal yang menyebabkan wasir. Dan apabila Anda rajin berolahraga di gym, itu bagus, tapi coba hindari sepeda stasioner dan squat atau jongkok, karena keduanya dapat memberikan tekanan yang sama. Sebagai gantinya, cobalah berjalan cepat selama 20 hingga 30 menit untuk mendorong fungsi usus.

By admin

RSS
Follow by Email