Wah! Tanaman Segar untuk Kamar Mandi

Wah! Tanaman Segar untuk Kamar Mandi

beritatrendmasakini.com — Sebagian besar keluarga lebih memilih memaksimalkan fungsi kamar mandi dibanding keindahannya. Padahal, mendekorasi ruangan ini akan meningkatkan kenyamanan ketika menggunakannya dan sebagai salah satu cara memperindah dekorasi kamar mandi adalah dengan meletakkan tanaman.

Mama bisa meletakannya di samping wastafel atau cermin untuk tidak mengurangi ruang gerak. Apalagi, kelebihan tanaman tidak hanya terletak pada keindahannya. Jenis tanaman yang tentunya sangat cocok ditempatkan di kamar mandi karena mampu menyerap kelembapan yang berlebih. Nah, jika tertarik untuk meletakkan tanaman di kamar mandi, berikut ada lima jenis tanaman yang sangat direkomendasikan:

1. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya direkomendasikan untuk memperindah rumah. Pasalnya tanaman ini yang mampu beradaptasi dengan baik meskipun berada dilingkungan dengan kelembapan yang tinggi. Jadi tidak diperlukan setiap hari untuk menyiramnya. Apalagi, tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Gel dari lidah buaya yang dapat digunakan untuk merawat rambut ataupun wajah.

Untuk peletakannya juga memerlukan sinar matahari, karena tanaman ini membutuhkan asupan dari cahaya matahari agar bertumbuh dengan baik.

2. Pakis Boston

Tanaman yang satu ini berasak dari Meksiko. Tanaman ini juga direkomendasikan karena sangat mudah ditanam dan tidak butuh perawatan khusus. Apalagi, tanaman ini sangat mampu menyerap kelembapan berlebih dan racun-racun di udara. Jika meletakkannya di kamar mandi, maka akan membuat udara kamar mandi menjadi lebih segar dan bersih.

3. Sri Rejeki

Tanaman yang satu ini sangat direkomendasikan untuk diletakkan di kamar mandi. Karena daunnya yang berwarna hijau dengan corak putih dan dijamin memperindah kamar mandi. Namun, jangan lupa untuk memberikan asupan sinar matahari agar warna daun tidak berubah menjadi gelap.

Bukan hanya sebagai dekorasi, tanaman ini mampu menyerap racun pada udara dan memiliki khasiat anti bakteri yang mampu menekan perkembangbiakan bakteri dan jamur pada kamar mandi. Selain itu, harus berhati-hati juga ya pada getah tanaman ini, karena ada racun ringan yang membuat kulit menjadi iritasi dan gatal.

4. Bunga Anggrek

Bunga anggrek menjadi salah satu pilihan untuk memperindah kamar mandi. Habitat asli dari bunga ini sendiri adalah daerah lembap, oleh karena itu cocok untuk diletakkan di kamar mandi.

Namun, sebelum meletakkannya harus jauhkan dari percikan air. Karena apabila terlalu banyak menyerap air, akar bunga anggrek ini bisa membusuk. Bunga anggrek juga sangat membutuhkan asupan matahari yang cukup. Oleh karena itu, direkomendasikan jika kamar mandi yang memiliki jendela.

5. Tillandsia (air plant)

Tanaman ini tidak membutuhkan media tanam dan dapat digantung ataupun ditempel pada dinding dengan bantuan kayu, tali, atau kawat. Tanaman ini sangat cocok untuk kamar mandi yang minimalis karena ukuran tanaman ini yang tidak terlalu besar, hanya sekitaran 5-20 cm. Tanaman tillandsia yang tak perlu disiram ataupun dipupuk setiap harinya karena ia mampu menangkap uap air dan unsur hara dari debu yang beterbangan di udara.

Itulah lima jenis tanaman yang dapat diletakkan di kamar mandi. Apapun jenisnya, tetap perhatikan cara perawatannya agar tanaman tidak layu dan busuk ya.

Related posts