Tips Atasi HP Android yang Lemot

Tips Atasi HP Android yang Lemot

Berita Trend Masa Kini — Smartphone atau HP yang lambat dapat membuat penggunanya tidak nyaman dan menghambat aktivitas pada gawai yang dimiliki. Hal ini biasa terjadi bagi beberapa pengguna smartphone, baik pada pengguna smartphone murah maupun mahal.

Namun ada solusi yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan kinerja ponsel atau tablet khususnya yang memakai sistem operasi Android.

Berikut beberapa tips yang bisa mengatasi Android lemot yang dapat dilakukan dengan cara yang terbilang mudah:

1. Identifikasi masalahnya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan masalah pada prosesor Android Anda.

Salah satu caranya dengan mengunduh aplikasi Trepn Profiler. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengetahui sumber masalah yang ada di ponsel Anda, seperti beban pada CPU lengkap dengan keterangan waktu, gambaran mum jaringan yang digunakan untuk data dan Wi-Fi, beban GPU, penggunaan RAM dan masih banyak lagi.

Melalui aplikasi ini juga dapat membuat profil khusus yang isinya terdapat berbagai metode yang menampilkan data yang terkumpul.

Pengguna juga dapat menyimpan data profil yang dianalisis secara offline, dan memiliki data kinerja aplikasi yang sedang berjalan.

Setelah mengetahui hasil identifikasi, pengguna dapat melanjutkan ke solusi selanjutnya.

2. Kosongkan ruang penyimpanan

Semua foto dan video yang diambil dan simpan, serta aplikasi tambahan yang diinstal terlalu banyak dapat membuat ponsel lemot. Disarankan untuk menyediakan ruang yang lebih agar dapat berjalan dengan lancar.

Jika penyimpanan hampir habis, maka tidak jarang ponsel akan jalan dengan lambat. Untuk mengosongkan ruang penyimpanan, dapat membuka pengaturan, lalu pilih menu penyimpanan. Melalui menu ini pengguna dapat melihat berapa banyak ruang yang digunakan oleh file atau aplikasi.

Pada kebanyakan smartphone, penghapusan file ini tidak lagi harus menggunakan pihak ke 3 atau aplikasi lain.

Pada pengguna Samsung, Anda dapat menggunakan opsi yang bernama “Bersihkan Sekarang”. Fitur ini dapat menghapus file dan cache aplikasi yang tidak perlu.

Banyak aplikasi yang telah diinstal menggunakan cache data untuk mempercepat operasi. Hal ini efektif untuk pengoprasian aplikasi, namun disamping itu cache juga bisa menghabiskan ruang penyimpanan.

3. Menonaktifkan animasi dan tema

Anda mungkin menemukan bahwa ada berbagai animasi dan tema yang diterapkan di beberapa smartphone. Hal ini mungkin terlihat bagus, namun dapat memperlambat pengoprasian Android Anda.

Periksa di penggunaan launhcer untuk melihat apakah ada cara untuk menonaktifkan salah satu tambahan yang dinilai tidak perlu digunakan.

Fitur yang ditawarkan oleh launcher dinilai dapat memperlambat perangkat Anda.

4. Tutup aplikasi dan kosong kan RAM

Penggunaan aplikasi secara multitasking dapat mempermudah pengguna untuk berpindah ke aplikasi yang berbeda dengan cepat, tanpa harus membuka kembali dari awal.

Namun hal ini dapat berdampak pada kinerja smartphone Anda. Disarankan untuk menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan agar tidak membuat RAM bekerja keras.

5. Jangan Instal pembersih ruang

Meskipun ini terlihat membantu, menginstall aplikasi yang bertugas untuk membersihkan ruang dianggap menjadi faktor smarphone menjadi lemot.

Penggunaan pihak ketiga untuk membersihkan ruang penyimpanan ini diklaim dapat memperkeruh kinerja prosesor di Android, seperti pada aplikasi Clean Master. Meskipun aplikasi ini berada pada 4 aplikasi teratas di Google Play, namun penggunaanya masih harus dipertanyakan.

Perangkat lunak Android dapat mengelola RAM mereka sendiri secara efisien. Disarankan untuk tetap menggunakan pembersih yang sudah ada di Android masing-masing.

6. Restart Ponsel

Pemulihan yang cepat dan sederhana di saat ponsel lemot adalah dengan cara me-restart atau menyalakan ulang ponsel Anda. Melalui cara ini dapat mengosongkan cache, menghentikan tugas yang tidak perlu dan membuat semuanya berjalan lancar kembali.

Cukup dengan tahan tombol daya, lalu pilih opsi Restart kemudian tekan OK untuk mengkonfirmasi perintah.

7. Pastikan Software sudah update

Jika pengguna ingin menginginkan smartphone tetap berjalan lancar, disarankan untuk memperbaharui seluruh aplikasi dan software yang diminta untuk diperbaharui.

Pada beberapa aplikasi biasanya memberitahu apabila piranti tersebut sudah waktunya untuk diperbaharui.

hal tersebut dianggap menjadi cara yang optimal, karena tidak hanya pembaharuan fitur saja tetapi juga berisi perbaikan bug dan peningkatan kinerja yang dapat mempercepat pengoperasian perangkat secara signifikan.

8. Kembali ke pengaturan pabrik

Ini menjadi jalan terakhir apabila seluruh cara tidak berpengaruh terhadap kinerja Android. Namun dengan cara ini data yang ada pada ponsel tersebut bisa hilang.

Disarankan untuk memindahkan data yang ada dalam ponsel ke komputer atau laptop Anda.

Penyetelan ulang pabrik dapat memulihkan ponsel ke kondisi saat ponsel Anda baru dinyalakan dari pabrik. Hal ini diklaim dapat membersihkan data yang tidak jelas dari sisa aplikasi dan kode buggy yang dapat menghambat kinerja.

Itulah tips untuk atasi Android yang lemot, cara-cara tersebut dapat dinilai dapat memudahkan kinerja ponsel agar tidak bekerja lebih keras saat dioperasikan.

Related posts