slot39 slot1288

BERITA TREND MASA KINI – Kolagen merupakan protein yang dapat membantu menjaga kulit tampak halus. Tubuh memproduksi kolagen secara alami. Fungsi utamanya adalah menciptakan dan memelihara struktur jaringan pembentuk tubuh, menghasilkan serat yang tahan, kuat dan fleksibel yang disebut serat kolagen. Serat ini mengikat jaringan ikat seperti tendon, otot, atau kulit. Namun seiring bertambahnya usia dan faktor lain yang menurunkan kadar kolagen, kulit kehilangan elastisitasnya, dan garis-garis dapat terbentuk.

6 kebiasaan baik dan sederhana untuk mencegah berkurangnya kolagen.

1. Kurangi paparan sinar matahari dan gunakan SPF setiap hari

Radiasi ultraviolet mempengaruhi produksi kolagen di kulit, karena oksidasi yang dihasilkan oleh sinar UV mempercepat penghancuran kolagen dan penurunan produksinya.

2. Konsumsi teh hijau dan jahe

Perbanyak mengkonsumsi bahan-bahan antioksidan dan anti-inflamasi seperti teh hijau dan jahe. Fitokimia adalah senyawa tumbuhan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif pada sel.

3. Konsmsi makanan kaya kolagen

Protein kolagen, dapat ditemukan di:

  • Kaldu tulang
  • Ikan tuna atau salmon
  • Produk susu
  • Kacang-kacangan
  • Makanan kaya vitamin C (tomat, stroberi, jeruk, paprika)

4. Kurangi konsumsi lemak dan gula

Begitu juga dengan makanan olahan yang mempengaruhi produksi kolagen dan elastin karena kualitas proteinnya yang rendah.

5. Tetap terhidrasi

Sel kita membutuhkan air untuk meregenerasi dan menghilangkan racun.

6. Hindari tembakau dan alkohol

Alkohol dan nikotin menyebabkan kerusakan serat kolagen, dan mempengaruhi retensi cairan serta oksigenasi dan nutrisi sel.

By admin

RSS
Follow by Email