Tidak Menjaga Kebersihan, Penyakit Ini Dapat Menyerang Saat Menstruasi

Berita Trend Masa kini.com, Jakarta – Menstruasi merupakan peristiwa fisiologis yang dialami oleh setiap kaum perempuan di seluruh dunia. Meski menstruasi merupakan hal yang normal terjadi namun bukan berarti dapat dianggap remeh.

Diberitahukan oleh Dr Frida Soesanti, SpA(K), dari Satgas Remaja Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bahwa bila higiene saat menstruasi tidak dijaga akan ada berbagai resiko penyakit yang mengintai. Salah satunya yaitu resiko infeksi.

“Yang sangat perlu diketahui kalau kita menstruasi itu kan ada darah. Dibiarkan lama darah itu merupakan tempat paling baik bagi kuman tumbuh,” ungkap dr Frida.

Baca juga : Agar Prediabetes Tidak Menjadi Diabetes, Kuncinya dari Pola Hidup

“Di kulit kita sudah ada kuman yang begitu makin lembap, dikarenakan ada darah menstruasi, kalau higiene tidak dijaga dengan bagus akan menjadi infeksi. Bisa mengalami jamuran itu yang paling sering kalau sudah mulai mengalmai gatal-gatal,” tambah Dr Frida dalam temu media Hari Kebersihan Menstruasi Dunia di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/5/2017).

Kasus infeksi yang membahayakan adalah bila kuman sudah menyebar ke dalam tubuh. Pada beberapa kasus diketahui infeksi dari vagina dapat ke bagian atas untuk menyerang saluran kemih hingga ginjal.

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan, Dr Eni Gustina, MPH, menambahkan selain itu resiko terjadinya kematian ibu dan kanker serviks juga dapat dihubungkan dengan higiene menstruasi yang tidak terjaga.

“Bagaimana juga kebersihan menstruasi sangat penting. Salah satu penyebab terjadinya kematian ibu atau kanker serviks yaitu karena infeksi dan ini dapat terjadi saat menstruasi,” imbuh Dr Eni.

By admin

RSS
Follow by Email