Tidak Hanya Membuat Tulang Kuat, Ini Manfaat Lainnya dari Vitamin D

Beritatrendmasakini.comGaya Hidup, Jakarta – Vitamin D diketahui sebagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tulang. Tapi vitamin ini juga mempunyai manfaat lain buat tubuh. Sebuah studi menyebut pemberian 1.200 IU vitamin D setiap hari selama 4 bulan bisa mencegah infeksi flu pada musim dingin hingga 40 persen.

Pendapat Medical Officer of PT. Kalbe Farma, dr Anggi Citra Putri, vitamin D merupakan mikronutrisi yang memberikan manfaat kolaborasi bersama dengan kalsium pada pembentukan tulang dan gigi serta menjaga kepadatannya. Selain itu, vitamin D juga diperlukan untuk kesehatan otot.

“Vitamin D berperan untuk membantu penyerapan kalsium dan fostor pada akhirnya juga berperan dalam menjaga sistemn imun tubuh. Kecukupan vitamin D setiap hari juga penting buat pertumbuhan ataujuga menjaga kepadatan tulang dan gigi yang pada akhirnya dapat membantu mencegah beberapa penyakit yang ada hubungannya,” pungkas dr. Anggi, Rabu (4/7/2018).

Studi lainnya ada mengungkapkan kurangnya vitamin D berdampak pada produksi insulin dan toleransi gula. Memberikan vitamin D 2.000 IU per hari mengurangi resiko diabetes hingga 88 persen. Hal tersebut juga dibenarkan oleh dr. Anggi.

“Penelitian preliminary, defisiensi vitamin D juga ada hubungan dengan risiko diabetes tipe 1, nyeri otot, ataujuga kanker,” tuturnya.

Baca juga : 7 Cara Ampuh Mencegah Anemia

dr. Anggi memberikan penjelasan vitamin D sebentarnya bisa dibentuk oleh tubuh jika tubuh terpapar oleh sinar matahari. Dengan bantuan sinar matahari provitamin D pasti mengalami konversi menjadi vitamin D.

Pada orang-orang yang kulitnya jarang terpapar oleh sinar matahari dalam waktu panjang dapat berisiko menderita deisiensi. Dampaknya pada pembentukan tulang dan gigi atau kepadatannya.

Maka diharuskan asupan yang mengandung vitamin D, seperti ikan laut, daging-dagingan, kuning telur dan beberapa makanan yang telah diforitifikasi dengan vitamin D. Praktisnya lagi, sekarang kandungan vitamin D bisa anda dapatkan melalui Xon-Ce Drink yang mengkombinasikan vitamin C dan vitamin D juga dibuat tanpa pemanis buatan.

By admin

RSS
Follow by Email