Taman Air Mancur di Sri Baduga Purwakarta, Bikin Hidup Tampak Lebih Bahagia

Berita Trend Masa Kini.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya telah meresmikan Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta. Diharapkan supaya kualitas hidup dan kebahagiaan masyarakat dapat meningkat.

“Taman ini akan dioperasikan setiap malam minggu pada jam-jam pertunjukan pukul 19.30, 21.00 dan 22.00 WIB. Fasilitas ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat secara gratis. Ini tentu dapat meningkatkan kualitas hidup serta kebahagian masyarakat,” ungkapnya dalam sambutan peresmian Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta, Sabtu (18/2) malam.

Baca juga : Tempat Berwisata di Banyuwangi : Khusus Untuk Wanita & Tidak Boleh Selfie

Taman Air Mancur Sri Baduga yang berada di kawasan Situ Buleud ini menjadi destinasi favorit masyarakat, karena setiap malam minggu akan dimeriahkan pertunjukan kesenian berupa drama tari musik antara lain kelompok Charly Van Houten, Emka 9, dan Purwakancana Percution, serta tarian kolosal.

Arief juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk membuat taman yang indah dilengkapi dengan atraksi berupa air mancur dan pertunjukan kesenian. Dia mengatakan, tujuan pariwisata adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Sehingga kehadiran Taman Air Mancur di Sri Baduga Purwakarta ini, sebagai upaya Pemkab Purwakarta untuk mewujudkan tujuan tersebut.

“Tekad Pemkab Purwakarta dengan meningkatkan unsur 3A (Atraksi, Amenities, dan Aksesibilitas) dapat membuahkan hasil dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke daerah ini. Kunjungan wisatawan ke Purwakarta per November 2016 ada sebanyak 903.885 (terdiri 1.280 wisatawan mancanegara dan 902.605 wisatawan Nusantara) mengalami kenaikkan yang signifikan dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya,” papar Arief.

Taman Air Mancur Sri Baduga merupakan pengembangan Situ Buleud yang dibangun sejak 2013 dan mulai diresmikaan tahap pertama pada Januari 2014. Keberadaan Taman Sri Baduga ini melengkapi Purwakarta sebagai destinasi 1.000 taman dari yang tradisional seperti Taman Pesanggrahan Padjajaran sampai dengan taman modern seperti Taman Wakuncar.

Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta diperindah dengan patung Prabu Kian Santang, anak Prabu Siliwangi atau Sri Baduga. Patung itu dibuat dengan posisi duduk dan kaki bersila bersama bunga lotus besar. Di sekeliling patung ada dua ribu semprotan air mancur yang menari dengan mengikuti irama musik serta ornamen pewayangan. Untuk menarik para pengunjung taman tersebut dilengkapi dengan fasilitas air siap minum, serta booth untuk para penghobi berfoto selfie.

By admin

RSS
Follow by Email