Semakin Mudah Untuk Berlibur ke Danau Toba

Beritatrendmasakini.comWisata, Jakarta – Semakin mudah turis untuk liburan ke Danau Toba, Sumatera Utara. Bandara di sana jgua sudah bertaraf internasional, ditambah beberapa penerbangan langsung dari Jakarta.

Pada Sabtu (28/01) kemarin, Citilink melakukan penerbangan perdana dari Halim Perdana Kusuma di Jakarta menuju ke Bandara Silangit di Tapanuli Utara yang berada dekat di Danau Toba. Sekalin itu pada hari yang sama juga, penerbangan internasional Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA8510 dari Singapura, mendarat dengan mulus di runway Bandara Silangit. Lepas landas dari Bandara Changi pukul 12.55 waktu setempat, pesawat Explore Jet Bombaradier CRJ-1000 memiliki kapasitas 96 penumpang itu tiba di Bandara Silangit pada pukul 13.10 WIB.

“Sekarang wisatawan dan masyarakat bisa menikmati sensasi penerbangan langsung dari Singapura dna Silangit yang hanya memakan waktu selama 55 menit. Kita akan semakin sadar bahwa ternyata kawan Danau Toba yang indah ini tidak terlalu jauh dari Singapura.” tutur Menteri Pariwisata Aried Yahya.

Arief juga menambahkan, Danau Toba sudah telah dicanangkan menjadi salah satu dari 10 Destinasi Prioritas dengna target kunjungna wisatawan mancanegara (wisma) mencapai 1 juta pada tahun 2019. Untuk bisa mencapai targert tersebut, kebutuhan bandara internasional di Danau Toba begitu penting.

Sebagai Bandara Internasional, Bandara Silangit saat ini telah dilengkapi dengan fasilitas CIQ (Custom, Immigration, Quarantine). Kementerian Keuangan melalui Ditjen Bea Cukai sudah menetapkan area kepabeanan di Bandara Silangit, Kementerian Hukum dan HAM melalui Ditjen Imigrasi sudah menetapkan Bandara Silangti menjadi tempat pemeriksaan imigrasi.

Demikian juga dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan talah melengkapi Bandara Silangit dengan fasilitas karantina yang sudah mulai beroperasi mulai tanggal 28 Oktober 2017.

Untuk bisa meningkatkan pelayanan terhadap pengguna, Bandara Internasional Silangit kini sudah dilengkapi dengan fitur digital. Fitur smart airport ini sudah terpasang dan beroperasi diantaranya akses internet wifi gratis, display skedul bisa dna penerbangan, e-payment, bus ticketing vending machine, touris info e-kiosk, self check-in dan fitur digital lainnya.

“Bandara Internasional Silangit biarpun kelasnya masih medium airport tetapi sudah memiliki fasilitas yang lengkap serta termasuk kategori smart airport. Semoga Bandara Silangti menjadi pintu gerbang yang nyaman bagi kedatangan wisatawan mancanegara ke Danau Toba,” ucap Arief.

By admin

RSS
Follow by Email