Samsung cs Siap Meluncurkan Smartphone 5G

Beritatrendmasakini.comTeknologi, Jakarta – Layanan seluler yang berbasis 5G terus diupayakan muncul dan dinikmati oleh publik. Berbagai vendor smartphone pun telah menyampaikan siap untuk menghadirkan perangkat 5G secara komersial pada tahun 2019.

Qualcomm sebagai produsen chipset akan mempersiapkan modem Snapdragon X50, yang memungkinkan konektivitas jaringan generasi kelimat itu di smartphone.

Dikatakan bahwa modem Snapdragon X50 bisa memberikan kecepatan dalam mendownload hingga hitungan GB per detik.

Dari Fujitsu, Asus, Oppo, Sony, HTC, LG, Sony, Vivo, Xiaomi, hingga ZTE siap menghadirkan juga smartphone 5G. Samsung juga mencapai kemitraan secara terpisah pada minggu lalu. Sedangkan Apple masih belum ada informasi kapan mereka akan ikut meluncurkan ponsel 5G.

Selain pada sisi vendor, Qualcomm menyampaikan implementasi 5G juga didukung dari operator sebagai penyedia layanan kepada pelanggan. Yaitu AT&T, Orange, SK Telecom, Verizon, China Mobile dan juga Vodafone akan melakukan uji coba standar 5G NR pada jaringan mereka.

5G NR itu telah ditetapkan oleh The 3rd Generation Partnership Poject (3GPP), Organisasi yang mengatur standar seluler pada kancah internasional. 3GPP telah menandatangani spesifikasi pertama untuk 5G pada akhit tahun 2017 kemarin.

Teknologi 5G yang diusungkan oleh Qualcomm ini rencananya akan diperlihatkan pada perhelatan teknologi mobile tahunan Mobile World Congress 2018 di Barcelona.

By admin

RSS
Follow by Email