Presiden Jokowi Memimpin Upacara Malam Renungan Suci di TMP Kalibata

Beritatrendmasakini.comNews, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa apel kehormatan dan renungan suci demi memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72 di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Apel berlangsung dengan khidmat dan dihadiri oleh beberapa pejabat.

Presiden Jokowi yang melakukan tugas sebagai inspektur pada upacara itu datang dengan didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sekitar pukul 23.57 WIB, Rabu (16/08/2017). Telihat juga ibu negara Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla hadir pada renungan suci ini.

Suasana di lokasi telihat gelap. Hanya ada obor yang menyala. Dalam pidatonya, Jokowi mengutarakan ada sekitar 9.870 pahlawan yang disemayamkan di TMP Kalibata ini. Dia juga berhara[ semoga para pahlawan itu bisa diterima di tempat yang terbaik di sisi Tuhan.

Baca juga : Mendagri : Jokowi Kembali Mengingatkan Tentang Rendahnya Penyerapan APBD

“Kami yang sudah hadir hari ini Kamis 17 Agustus 2017 pukul 00.00 WIB, upacara mengenang arwah dan jasa dari para pahlawan nusa dan livechat sbobet777 bangsa yang sudah bersemayam di makam ini ada sebanyak TBNI/Polri 8.964 pahlawan. Badan Perjuangan 821 pahlawan, tokoh 42 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan, ditotalkan 9.870 pahlawan,” tutur Jokowi.

Jokowi menyampaikan rasa hormatnya kepada seluruh pahlawan dimana juga berada, Perjuangan yang sudah dilakukan oleh para pahlawan dulu akan menjadi semangat bagi anak bangasa dari hari ini.

“Kami juga bersumpah dan berjanji perjuangan para pahlawan merupakan perjuangan kami juga, Jalan kebangkitan yang sudah ditempuh merupakan jalan kami juga,” pungkasnya.

Setelah itu, apel disambungkan dengan melakukan hening cipta. Menteri Agama Lukman Hakim membacakan doa bagi para pahlawan dalam renungan suci itu.

“Cintailah para pahlawan kami dengan ampunan dan kasihmu,” kata Lukman

Sementara itu yang hadir pada renungan suci ini Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri LHK Siti Nurbaya, Jaksa Agung HM Prasetya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari dan juga sejumlah penjabat lainya yang turut hadir.

By admin

RSS
Follow by Email