Peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Desember

BERITA TREND MASA KINI – Indentik dengan Natal, hari kelahiran Sang Juru Selamat kaum Nasrani, dimana hiasan pohon natal yang semarak dengan dekorasi serba hijau dan merah mulai dipasang, dan kebiasaan-kebiasaan lainnya seperti pusat perbelanjaan yang mulai gencar melempar diskon menjelang hari natal dan tahun baru, kado dan perayaan makan bersama keluarga atau teman. Tidak mengherankan apabila Desember menjadi bulan dalam kalender tahunan yang paling dinantikan.

Selain Natal, banyak peristiwa-peristiwa lainnya dari berbagai belahan dunia yang terjadi di bulan Desember. Berikut ini adalah beberapa peristiwa-peristiwa menarik tersebut.

Desember 1642 – Hari ulang tahun Sir Isaac Newton

Pada Hari Natal, 25 Desember tahun 1642, Sir Isaac Newton lahir. Newton, sang penemu ilmiah luar biasa yang telah sedemikian rupa membentuk bidang sains hingga seperti yang kita kenal sekarang, dan dianggap sebagai salah satu ilmuwan paling berpengaruh sepanjang masa. Namun, jika anda membaca tentang Isaac Newton lebih jauh, anda mungkin menemukan banyak tulisan atau artikel yang mencantumkan tanggal lahirnya pada 4 Januari, bukan 25 Desember. Alasannya adalah bahwa kita sekarang menggunakan kalender yang berbeda dari yang digunakan sebelumnya.

 

Desember 1879 – Thomas Alva Edison pertama kali memperkenalkan lampu pijar listrik

Pada tanggal 31 Desember 1879, Thomas Alva Edison mendemonstrasikan lampu pijar listrik temuanya kepada publik untuk yang pertama kalinya di laboratoriumnya. Meskipun ada beberapa pendapat yang meragukan tentang validitas klaim penemuannya, peristiwa itu sangat berkesan dan akan selalu diingat sepanjang masa  karena, secara harfiah, mulai hari itu masa depan menjadi terang.

Desember 1888 – Vincent Van Gogh potong telinganya sendiri

Banyak teroi yang berkembang mengenai alasan mengapa Van Gogh memotong telinganya sendiri. Namun skenario yang paling mungkin adalah bahwa van Gogh menjadi kewalahan dengan segala sesuatu yang terjadi di kehidupannya. Dan perselisihannya dengan Paul Gauguin, sesama pelukis yang dia ajak untuk tinggal bersamanya di Paris untuk melukis bersama selama Sembilan bulan hingga akhirnya keduanya berselisih, membuat van Gogh mulai kehilangan akal . Dia mengambil pisau cukur yang sebenernya ditujukan untuk Gauguin, namun alih-alih van Gogh malah memotong telinganya sendiri.

Pada saat itu Van Gogh memang menderita berbagai masalah kesehatan mental. Ketegangan antara dia dan Gauguin dan masalah keluarga, yakni dengan adiknya, Theo yang selama itu mendukungnya secara finansial hendak menikah. Merasa terancam dukungan finansial yang diberikan adiknya itu putus, juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan kemarahan van Gogh yang tiba-tiba.

Beberapa juga ada yang berpendapat bahwa alasan van Gogh memotong telinganya adalah karena dia ingin menenangkan suara-suara di kepalanya.

Desember 1896 – Meninggalnya Alfred Nobel

Alfred Nobel adalah seorang kimiawan, insinyur, dan pebisnis asal Swedia yang menemukan dinamit. Meninggal di San Remo, Italia pada 10 Desember 1896. Dalam surat wasiat dan testamen terakhirnya, dia menuliskan bahwa kekayaannya dapat dipergunakan untuk memberi hadiah kepada siapa saja yang yang telah melakukan komite, usaha kemanusiaan di bidang fisika, kimia, sastra, perdamaian, fisiologi dan obat-obatan. Yang hingga saat ini dikenal dengan Nobel Prize. Beberapa tokoh yang pernah menerima hadiah Nobel yakni Albert Einstein, Marie Curie, Martin Luther King Jr., dan ibu.

Desember 1901 – Walt Disney lahir

Walter Elias Disney, lahir pada 5 Desember 1901, yang kemudian lebih dikenal dengan nama Walt Disney, adalah seorang produser dan pemain sandiwara televisi dan film asal Amerika Serikat. Disney dikenal sebagai pionir film kartun animasi dan sebagai pencipta karakter kartun seperti Mickey Mouse dan Donald Duck. Disney merilis kartun pertamanya yang menampilkan tikus ceria, energik, dan nakal yang bernama Mickey Mouse, dengan judul Steamboat Willie pada usianya yang ke-27 tahun. Dia juga ikut dalam merencanakan dan membangun Disneyland, sebuah taman hiburan besar. Hingga kini nama Disney lebih dari sekedar nama seseorang, juga lebih dari sekedar legenda, namun adalah bagian dari memori masa kecil hampir semua orang dan khususnya anak-anak di muka bumi ini.

Desember 1903 – Wright bersaudara menerbangkan pesawat pertama di dunia

Orville dan Wilbur Wright, yang dikenal sebagai Wright Bersaudara, berhasil melakukan penerbangan pertama menggunakan pesawat terbang bermesin yang lebih berat daripada udara, yang mereka rancang dan rakit sendiri. Tepatnya pada 17 Desember 1903 pukul 10:35, setelah percobaan pertama yang dilakukan oleh Wilbur gagal, tiba giliran Orville yang melakukan percobaan kedua dan kali ini berhasil. Tepat ketika Orville meninggalkan tanah, John Daniels dari stasiun penyelamat berhasil mengabadikan momen bersejarah tersebut. Pesawat udara yang dikendarai oleh Orville dengan Wilbur berjalan di sampingnya

Desember 1914 – Gencatan Senjata Natal

Lima bulan setelah pecahnya Perang Dunia I yang melibatkan semua kekuatan besar dunia, yang terbagi menjadi dua aliansi bertentangan, yaitu Sekutu (Britania Raya, Prancis, dan Rusia) dan Blok Sentral (Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia). Pada sebuah pagi di hari Natal 1914, tentara Inggris, Belgia dan Prancis muncul dari parit mereka dan bergerak secara damai menghampiri musuh Jerman mereka demi memperingati hari natal yang damai. Mereka bertukar rokok, hadiah, menyanyikan lagu-lagu Natal dan bahkan bermain bola. Diyakini bahwa sekitar 100.000 tentara berpartisipasi dalam gencatan senjata tersebut. Itu adalah momen damai yang langka dan tenang ditengah-tengah perang yang berlangsung bertahun-tahun dan merenggut 15 juta nyawa.

Desember 1980 – John Lennon tewas ditembak penggemarnya

Mantan anggota Beatles, John Lennon yang ketika itu berusia empat puluh tahun ditembak empat kali oleh Mark David Chapman, seorang penggemar gila yang menunggu Lennon di luar apartemen penyanyi itu di Dakota di New York City. Chapman kemudian ditangkap di tempat kejadian, mengaku bersalah dan akhirnya menerima hukuman penjara seumur hidup.

Desember 2004 – Gempa Bumi dan Tsunami Samudra Hindia

Sehari setelah Natal di tahun 2004, ribuan turis Eropa dan Amerika yang berbondong-bondong terbang ke pantai Thailand, Sri Lanka, dan Indonesia untuk melarikan diri dari dinginnya musim dingin di surga tropis dan tentunya juga penduduk lokal setempat menjadi korban dari salah satu bencana alam terbesar dan terburuk sepanjang masa.

Pukul 07.59, gempa bumi berkekuatan 9,1 menghancurkan patahan bawah laut di Samudra Hindia, mendorong kolom air yang sangat besar menuju pantai. Tsunami telah merenggut 230.000 nyawa dalam hitungan jam.

Related posts