Pensiun dini? Bisa. Ikuti tips dan tujuan favoritnya

BERITA TREND MASA KINI – Banyak orang ingin terbebas dari “penjara” jam kantoran. Dan memiliki kebebasan untuk melakukan apa saja yang dikehendaki, misalnya menjelajahani dunia, memulai sebuah proyek pribadi, membuka usaha, atau sekedar benar-benar berhenti bekerja.

Tetapi, kecuali anda terlahir sebagai seorang konglomerat, rencana semacam ini membutuhkan kerja keras dan disiplin tinggi. Dan berikut adalah langkah-langkah kunci yang dapat anda lakukan untuk mengubah rencana tersebut  menjadi kenyataan.

  1. Perkirakan pengeluaran bulanan anda

Idealnya, jika anda ingin pensiun dini anda harus sudah terbebas dari segala macam hutang dalam jenis apapun. Hal ini adalah sangat penting. Dan hal penting lainnya adalah mulai memperkirakan pengeluaran anda setiap bulannya setelah anda pensiun nanti. Dan jangan lupakan pengeluaran tambahan seperti hiburan, perjalanan dan hobi. Tambahkan semuanya untuk memastikan berapa yang anda butuhkan tiap bulannya yang sesuai dengan gaya hidup pensiun yang anda impikan.

  1. Hitung total yang anda butuhkan untuk pensiun dini.

Setelah anda mengetahui pegeluaran bulanan ada, langkah selanjutnya adalah menghitung berapa total uang yang harus anda persiapkan dengan rumus mudah yakni pengeluaran per tahun dikali 25 atau 30.

Sebagai contoh, asumsikan pengeluaran bulanan anda Rp. 1juta per bulan atau Rp. 12juta per tahun. Dengan menggunakan rumus diatas, anda akan membutuhkan antara Rp. 300juta sampai Rp. 360juta sebagai total uang yang anda butuhkan untuk pensiun dini.

Nah untuk mengetahui apakah anda sudah siap atau belum, tinggal anda bandingkan saja total yang dibutuhkan dengan dana yang sudah anda kumpulkan hingga saat ini. Perhitungan secara kasar seperti ini bisa juga anda gunakan sebagai motivasi untuk lebih giat menabung dan disiplin memangkas pengeluaran-pengeluaran yang tidak seperlunya.

  1. Sesuaikan anggaran saat ini

Selamat! Bagi anda yang telah mencapai atau melampaui total dana pensiun yang dibutuhkan. Namun apabila anda termasuk dalam yang belum mencapai atau masih jauh dari target, jangan berkecil hati. “When there is a will; there is a way” atau jika ada kemauan pasti ada jalan. Anda bisa memilih dari 3 pilihan dibawah ini:

  • Sedikit belanja
  • Menghasilkan lebih
  • Keduanya

Dan untuk referensi anda, berikut adalah tempat atau negara yang banyak dinobatkan sebagai surganya para pensiunan.

 

  1. Lucerne – Switzerland

Bicara soal destinasi pensiun, Switzerland selalu berada di puncak daftar. Meski bukan sebuah pilihan rencana pensiun yang murah namun sangat sepadan. Terletak di pusat Swiss dan menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa resminya, Lucerne dalah pilihan tepat bagi mereka yang mencari tempat pensiun yang tenang, dengan semua layanan terbaik dan komoditas utama kota-kota besar. Pusat kota bebas mobil, memberikan suasana yang tenang.

 

  1. Panama – Amerika Tengah

Panama telah lama dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk pensiun di luar negeri. Penduduk setempat terbiasa menyambut orang asing dan anda dapat berharap diperlakukan dengan sangat baik. Selain orang-orang yang ramah, anda juga akan menikmati semua fasilitas masyarakat modern dan infrastruktur yang kokoh. Negara ini terkenal ‘mudah’ bagi orang asing untuk menjadi penduduk. Dan yang terpenting, perawatan medis di Panama City dianggap “kelas dunia”. Anda bisa memilih untuk tinggal di kota, di tepi pantai, atau di gunung sekalipun.

 

  1. Bali – Indonesia

Tri Hita Karan, atau “Tiga hal yang menciptakan kebahagiaan.” Ketenangan, kedamaian, dan keharmonisan adalah budaya di Bali secara keseluruhan.

Bali bagian utara merupakan salah satu destinasi terfavorit untuk menghabiskan masa pensiun anda. Disana banyak terdapat desa pertanian kecil di mana budaya irigasi subak dipraktekkan oleh hampir semua penduduk desa. Letaknya lumayan jauh,  benar-benar tenang dan damai, namun hanya beberapa menit dari pusat belanja, aktivitas, dan pantai. Berjarak sekitar 15 menit berkendara ke kota dengan supermarket, restoran, perbelanjaan, dan banyak lagi. Area Lovina menawarkan pantai yang seolah tak berujung , dapat melihat lumba-lumba di alam liar, dan banyak restoran yang indah.

 

  1. Chiang Mai – Thailand

Pensiunan dengan anggaran terbatas akan merasa benar-benar nyaman di Chiang Mai, yang memiliki biaya hidup rendah tetapi banyak hal indah untuk dilihat dan hal menyenangkan untuk dilakukan. Dari pantai hingga gunung, anda bisa menikmati masa pensiun namun tetap aktif. Dan untuk membantu slot mobile anda menjaga rumah agar tetap bersih dan indah, anda dapat mempekerjakan asisten rumah tangga dengan bayaran yang terjangkau.

 

  1. Georgetown – Malaysia

Satu lagi tempat yang sangat terjangkau untuk pensiun. George Town adalah ibu kota multikultural pulau Penang yang indah, menampilkan banyak sejarah yang berpadu dengan fasilitas dan fitur kota modern. Dengan sistem perawatan kesehatan berkualitas tinggi, namun terjangkau. Malaysia adalah salah satu negara teratas untuk wisata medis. Transportasi umum modern membuat Anda dapat dengan mudah menjelajah kapan pun anda mau, dan anda tidak perlu khawatir soal komunikasi karena mayoritas penduduknya fasih berbahasa Inggris.

 

 

 

 

Related posts