Pengguna Instagram Bisa Kembalikan Foto yang Dihapus, Begini Caranya

Berita Trend Masa Kini — Instagram menambahkan sebuah fitur baru bernama Recently Deleted di perangkat Android maupun iOS. Fitur ini memungkinkan pengguna mengembalikan foto atau video yang tidak sengaja atau sengaja dihapus oleh mereka.

Fitur ini tak hanya ditujukan untuk mengembalikan unggahan yang dihapus, tapi juga memulihkan akun pengguna yang diretas hacker untuk mengembalikan konten seperti semula.

“Kami tahu peretas terkadang menghapus konten ketika mereka mendapatkan akses ke akun, dan sampai sekarang orang tidak memiliki cara yang mudah untuk mendapatkan kembali foto dan video mereka,” tulis Instagram dalam blog resmi, dikutip dari Slash Gear, Rabu (3/2/2021).

Pada dasarnya, fitur ini sama seperti trash di macOS atau recycle bin di Windows. Sebelumnya, jika pengguna menghapus konten di Instagram seperti foto, video, reels, video IGTV, atau story, maka unggahan tersebut akan hilang selamanya.

Namun dengan fitur Recently Deleted ini memungkinkan pengguna bisa mengembalikan konten tersebut, yang terlebih dulu disimpan di server Instagram sebelum benar-benar dihapus.

Berbagai konten ini memiliki rentang waktu sebelum otomatis hilang dari folder Recently Deleted. Untuk stories, konten ini akan bertahan hingga 24 jam sebelum hilang. Sementara untuk konten yang muncul di feed seperti foto, video, reels, hingga IGTV akan bertahan 30 hari sebelum benar-benar dihapus.

Akan tetapi, Instagram mengaku tidak benar-benar menghapus konten yang ada di folder tersebut dalam waktu 30 hari. Mereka akan tetap menyimpan konten hingga 90 hari untuk memulihkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lebih lanjut, Instagram juga akan meminta verifikasi lebih lanjut apabila pengguna mau menghapus kontennya.

“Kami akan meminta orang-orang untuk memverifikasi terlebih dahulu bahwa mereka adalah pemegang akun yang sah ketika secara permanen menghapus atau memulihkan konten dari Recently Deleted,” jelas Instagram.

Untuk menggunakan fitur Recently Deleted, berikut cara untuk melakukannya.

1. Buka ikon tiga strip di pojok kanan atas dalam kolom profil
2. Pilih Settings
3. Pilih Recently Deleted
4. Cari unggahan yang ingin dipulihkan
5. Klik Restore

Selamat mencoba!

By admin

RSS
Follow by Email