‘Opa setrong’ ini tidak pernah bolos workout selama 34 tahun

Berita Trend Masa Kini — Yang Xinmin, pria asal Tiongkok berusia 72 tahun ini sudah menjadi pengiat olahraga binaraga selama 40 tahun. Perjalanannya dimulai pada tahun 1983 ketika dia menjadi peserta kejuaraan binaraga nasional yang diselenggarakan untuk pertama kalinya di negara tirai bambu tersebut bersama 38 peserta lainnya.

“Untuk bisa berlatih, kami membuat sendiri barbell, dumbbell, horizontal bar dan parallel bar,” katanya bernostalgia.

Menurut dokter pribadinya, Yang Xinmin memiliki penampilan yang lebih baik daripada pria usia 30an pada umumnya. Akibat dari rajin squat dengan beban 170 kg, Yang Xinmin memiliki kadar kepadatan tulang yang dimiliki oleh pria yang usianya jauh lebih muda.

 

Video mengenai Yang Xinmin pada tahun 2019 baru-baru ini diunggah di Reddit dan penulisnya menulis: “Pria 70 tahun ini kelihatan seperti usianya baru 30an karena berolahraga setiap hari selama 34 tahun.” Unggahan itu memukau banyak orang dan juga  menimbulkan perdebatan di kolom komentar, dimana banyak orang berpendapat bahwa Yang Xinmin tidak terlihat seperti pria berusia 30an tapi dia memang terlihat luar biasa untuk pria seusianya.

Tetapi untuk memiliki penampilan yang luar biasa seperti ‘Opa Setrong” ini sama sekali bukanlah hal yang mudah. Terinspirasi oleh Arnold Schwarzenegger, Yang Xinmin yang telah memenangkan lebih dari 100 trofi dan mendali ini mengungkapkan bahwa membutuhkan pengabdian untuk mempertahankan kondisi fisik masa-masa kejuaraan di usia lanjutnya sekarang.

“Bentuk tubuh, kekuatan otot, dan power yang saya miliki lebih baik dari orang muda pada umumnya,” ucap Yang Xinmin.

“Berlatih adalah hal terpenting dalam hidupku. Melalui pengalaman saya bertahun-tahun, menjadi juara bukan lagi menjadi tujuan saya.”

“Tujuan saya adalah mempertahankan kesehatan dan anti-ageing untuk mendapatkan energi agar dapat melakukan hal lain.”

Rahasia kebugaran ‘Opa Setrong’ Yang Xinmin.

  • Diet ketat yang berfokus pada serat dan protein yang sudah dijalankan Yang Xinmin selama 10 tahun belakangan.
  • 6-8 butir telur untuk sarapan pagi, juga dengan tomat, ketimun, havermut, dan dada ayam.
  • Joging pagi setiap hari.
  • Dilanjut dengan latihan kekuatan selama satu setengah jam setiap hari.
  • Yang Xinmin berpesan pada saat latihan kekuatan ingat tiga hal penting ini. Gerakan standar. Pembentukan otot dan pembakaran lemak. Coba dan perbaiki keseimbangan.
  • Disiplin diri dan gigih.

Yang Xinmin juga mengatakan tidur yang berkualitas adalah kunci. Dia percaya dirinya bisa terus berlatih sampai usianya 75 tahun dan berharap bisa lanjut sampai usia 80an.

“Saya ingin mendorong limit tubuh manusia.”

Ada yang tertarik mencontoh gaya hidup si Opa setrong Yang Xinmin?

Related posts