Misteri dibalik 3 lukisan yang dikenal sebagai benda terkutuk

BERITA TREND MASA KINI – Seni adalah sesuatu yang luar biasa. Seni itu menarik secara estetika, menginspirasi kreativitas dan juga dapat mengubah seseorang menjadi manusia yang lebih positif dan berpengetahuan luas. Terlebih lagi, seni dapat menjadi obat terbaik pada masa-masa penuh tekanan.

Begitu pula lukisan, sebagai salah satu bentuk dari seni, sebuah lukisan dapat menginspirasi, memotivasi, dan memberi semangat baru. Banyak alasan mengapa orang-orang membeli karya seni lukisan, karena selain indah, lukisan tertentu bahkan dapat dianggap sebagai sebuah investasi.

Namun pernahkan anda tahu bahwa ada beberapa, bahkan mungkin banyak lukisan yang malah dianggap orang seperti sesuatu yang terkutuk dan membawa kemalangan atau malapetaka bagi yang memilikinya. Meskipun lukisan tersebut sama atau lebih indah dari lukisan-lukisan lainnya namun yang membedakan adalah bagaimana lukisan-lukisan yang dianggap terkutuk itu memberi kesan atau pengaruh pada orang yang melihat dan lingkungan sekitarnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh lukisan yang dianggap terkutuk tersebut.

  1. Lukisan Nyi Roro Kidul

Nyi Roro Kidul adalah tokoh yang ada dalam mitos atau legenda tanah Jawa, Indonesia. Dia digambarkan sebagai sosok puteri dari kerajaan Galuh pada abad 13 yang memiliki paras yang sangat cantik dan sering kali mengenakan pakaian bernuansa warna hijau. Nyi Roro Kidul juga dikenal sebagai penguasa pantai laut selatan yang diyakini orang-orang yang mempercayainya masih hidup dan tinggal didalam pantai itu hingga saat ini.

Karena parasnya yang cantik dan citranya yang anggun, banyak pelukis yang terinspirasi untuk membawa sosoknya yang terkenal itu kedalam sebuah karya lukis. Salah satu dari pelukis-pelukis itu adalah seorang maestro lukis Indonesia bernama Basoeki Abdullah. Dari sekian banyak lukisan Nyi Roro Kidul yang pernah dibuat, karya Basoeki Abdullah lah yang paling terkenal.

Pasalnya, tersiar kabar bahwa ketika Basuki Abdullah mencoba untuk melukis sosok Nyi Roro Kidul, dirinya menggunakan 3 orang model namun belum sampai rampung lukisannya, satu per satu model yang dipakainya itu secara misterius jatuh sakit hingga meninggal dunia.

Pasca meninggalnya model-model tersebut, Basuki Abdullah malah semakin terdorong untuk menyelesaikan lukisan tersebut disebuah kamar hotel nomor 308 di Pelabuhan Ratu, Sukabumi yang diyakini warga sekitar sebagai tempat kediaman sang Nyi Roro Kidul. Setelah akhirnya lukisan itu selesai, lukisan Nyi Roro Kidul kayra Basuki Abdullah itu hingga kini masih terpajang didalam kamar hotel tersebut.

  1. The Hands Resist Him

Juga dikenal sebagai “eBay Haunted Painting” adalah salah satu lukisan paling terkutuk di dunia karya seorang seniman bernama Bill Stoneham. Lukisan tersebut terinspirasi dari foto yang diambil orang tuanya ketika dia masih kecil. Segera setelah Stoneham menyelesaikan lukisannya itu, lukisan itu langsung masuk galeri setelah diulas oleh seorang kritikus seni Los Angeles Times. Kemudian, aktor The Godfather, John Marley melihat dan membeli lukisan itu.

Dalam kurun waktu enam tahun, pemilik galeri, kritikus seni, dan Marley semuanya meninggal. Tidak ada yang bisa mengkonfirmasi kebenaran hubungan kematian orang-orang itu adalah akibat dari kutukan lukisan Stoneham. Namun, sebelum meninggal, Marley menjual lukisan itu. Lalu lukisan itu seperti menghilang selama 26 tahun sampai akhirnya muncul kembali di eBay pada tahun 2000.

Pemiliknya saat itu mengklaim bahwa anak perempuan mereka yang ketika itu berusia empat tahun, pada suatu pagi mengatakan bahwa dia melihat boneka dan anak laki-laki yang ada dalam lukisan itu berkelahi pada malam hari. Karena penasaran dan untuk memastikan, sang ayah lalu memasang kamera cctv yang dihadapkan ke lukisan itu. Dan ketika dia memutar kembali rekaman dari kamera cctv, dia melihat bocah itu merangkak keluar dari lukisan, dipaksa keluar oleh boneka yang mengenggam benda misteris ditangannya yang lalu berubah menjadi sebuah pistol.

  1. The Crying Boy

Lukisan The Crying Boy adalah karya dari seorang seniman Italia, bernama Giovanni Bragolin yang juga dikenal sebagai Bruno Amadio. Menurut legenda, anak laki-laki dalam lukisan adalah Don Bonillo, seorang yatim piatu yang diadopsi oleh Amadio. Namun anak yang bisu itu diyakini dikutuk dan disebut anak setan karena melihat kematian orang tuanya dalam kebakaran rumah yang terjadi pada Perang Dunia II. Pendeta setempat telah memperingatkan agar tidak mengadopsinya, tetapi Amadio tidak mendengarkan judi slot. Mereka hidup bahagia bersama sampai suatu hari, studio dan apartemennya terbakar. Amadio kemudian menyalahkan Don dan mengusirnya dari rumahnya.

Lalu kemudian pada tahun 1985, warga Inggris dihebohkan dengan berita kebakaran yang disebabkan oleh kutukan lukisan anak laki-laki menangis. Sebuah rumah di Rotherham, di Inggris milik dari pasangan, Ron dan May Hall terbakar seluruhnya. Anehnya, satu-satunya benda yang selamat adalah lukisan anak laki-laki menangis. Dan ternyata kasus ini bukan kasus pertama. Banyak dari kebakaran yang terjadi di lingkungan itu, meskipun semuanya hangus, lagi-lagi yang selamat dari rumah itu adalah salinan lukisan Anak Laki-Laki Menangis. Sampai-sampai petugas pemadam kebakaran setempat mencatat bahwa mereka mengumpulkan 50 salinan lukisan Anak Laki-laki Menangis disetiap rumah yang kebakaran.

Related posts