Benarkah Miss V Longgar karena Sering Bercinta? Ini Faktanya

Benarkah Miss V Longgar karena Sering Bercinta? Ini Faktanya

Berita Trend Masa Kini — Berbagai macam mitos beredar di kalangan masyarakat, salah satunya yaitu vagina longgar karena sering bercinta. Hingga kini, masih banyak orang yang percaya mitos ini.

Dokter ahli kandungan Dr Nicole Bullock, dikutip dari Refinery29, memastikan vagina tidak longgar hanya karena sering bercinta. Dr Bullock mengatakan otot-otot di vagina sangat elastis sehingga saat wanita bercinta dan melahirkan vagina bisa membesar kemudian akan kembali ke bentuk dan ukuran semula.

Pendapat senada juga disampaikan pakar kesehatan wanita Jennifer Wider, MD. Menurutnya, banyak orang salah beranggapan bahwa wanita yang sering bercinta akan memiliki vagina yang longgar dan sebaliknya jika wanita jarang bercinta, akan memiliki vagina yang ketat dan sempit.

“Patut diingat otot-otot di vagina amat elastis. Otot-otot vagina bisa berkontraksi dan kembali ke bentuk normal setelah berhubungan intim, dan juga setelah melahirkan,” jelas Wider, dikutip dari Women’s Health.

Wider menambahkan, vagina memang membutuhkan waktu yang lama untuk kembali ke bentuk normal. Beberapa penelitian mengatakan otot vagina butuh waktu sampai enam bulan setelah melahirkan untuk kembali ke bentuk dan ukuran yang normal.

Selain itu, vagina akan longgar seiring usia wanita bertambah karena kadar hormon akan menurun sehingga dinding vagina menjadi lebih tipis dan kurang elastis. Wider menyarankan untuk mempertahankan kekencangan otot vagina, wanita bisa berlatih kegel dan menjaga pola makan sehat.

Related posts