Miss India, Harnaaz Sandhu dinobatkan sebagai Miss Universe 2021

BERITA TREND MASA KINI – Pada malam final kontes kecantikan internasional tahunan yang diselenggarakan oleh Organisasi Miss Universe di Eliat, Israel pada hari Minggu, 12 Desember lalu, Miss India dinobatkan sebagai Miss Universe 2021. Harnaaz Kaur Sandhu, 21 tahun, berhasil mengalahkan ke-79 peserta lainnya dari manca negara. Runner up pertama dipegang oleh Miss Paraguay, Nadia Ferreira dan runner up kedua jatuh kepada Miss Afrika Selatan, Lalela Mswane.

Andrea Meza, pemenang Miss Universe tahun 2020 hadir untuk menyerahkan mahkota kemenangan dan meletakkannya diatas kepala Harnaaz, sebelum Harnaaz berjalan sekali lagi di catwalk sebagai Miss Universe 2021. Ini adalah ketiga kalinya negara India memenangkan Miss Universe.

Sushmita Sen adalah wanita India pertama yang berhasil memenangkan gelar Miss Universe pada tahun 1994. Enam tahun kemudian, Lara Dutta mengulang kesuskesan tersebut ketika dinobatkan sebagai Miss Universe 2000. Sushmita Sen yang kini berusia 46 tahun berprofesi sebagai aktris pemain film layar lebar Bollywood dengan segudang penghargaan di India. Sama halnya dengan Lara Dutta yang kini 43 tahun juga ikut terjun ke dunia perfilman.

Harnaaz yang memiliki nama panggilan candy, karena menyukai permen ini adalah penggemar Priyanka Chopra, aktris asal India yang sudah suskes go internasional, dari Bollywood ke Hollywood dengan membintangi beberapa serial televisi dan film layar lebar di Amerika Serikat. Dia juga tidak malu-malu menyebutkan Priyanka sebagai inspirasinya dalam mendalami profesi sebagai aktris.  Di waktu luangnya, Harnaaz mengisinya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang disukainya, seperti yoga, berdansa, memasak, menunggang kuda dan bermain catur.

Banyak pihak menilai, selain cantik dan percaya diri, jawaban yang dilontarkan Harnaaz ketika menjawab pertanyaan final dari juri memiliki andil paling besar dalam menentukan kemenangnnya. Pertanyaan final yang dia terima adalah mengenai nasihat apa yang dapat diberikan olehnya untuk para perempuan muda tentang bagaimana menyikapi tekanan dalam hidup yang dihadapi hari-hari ini. Demikian jawaban Harnaaz yang menggunakan Bahasa Inggris dengan lancar dan tidak terbata-bata:

Tekanan terbesar yang dihadapi anak muda saat ini adalah untuk percaya pada diri mereka sendiri, untuk mengetahui bahwa anda unik dan itulah yang membuatmu cantik. Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain dan mari kita bicara tentang hal-hal yang lebih penting yang terjadi di seluruh dunia. Inilah yang anda butuhkan untuk dipahami. Keluarlah, bicaralah untuk diri anda sendiri karena anda adalah pemimpin dalam hidup anda, anda adalah suara untuk diri anda sendiri. Saya percaya pada diri sendiri dan karena itulah mengapa saya dapat berdiri di sini hari ini.”

Pada kontes Miss Universe 2021 kali ini, Indonesia memutuskan untuk tidak ikut berkompetisi dengan alasan waktu persiapan yang kurang. Sepanjang sejarah kontes kecantikan internasional yang dimulai pertama kali pada tahun 1952 hingga kini 2021 ini, Indonesia belum pernah sekali pun berhasil memenangkan gelar Miss Universe. Pencapaian tertinggi kontestan tanah air mampu masuk hingga 10 besar adalah pada tahun 2019, ketika diwaliki oleh Miss Indonesia, Frederika Alexis Chull. Sementara negara dengan kemenangan terbanyak adalah:

  • Amerika Serikat dengan 8 kali kemenangan,
  • Venezuela dengan 7 kali kemenangan
  • Puerto Riko dengan 5 kemenangan
  • Filipina dengan 4 kali kemenangan.

Related posts