Beritatrendmasakini.com – Harvard University memiliki lebih banyak uang dalam sumbangannya daripada 109 negara memiliki kekayaan. Dan itu bukan satu-satunya sekolah yang memiliki lebih banyak uang daripada kebanyakan negara. Bagi orang kaya, mempertahankan status quo memang tidak murah.

“Sistem sekolah negeri di Amerika mungkin bermasalah, tetapi universitas-universitas topnya sama sekali tidak,” kata sebuah cerita oleh Stacker, yang membandingkan multimiliar sumbangan perguruan tinggi Amerika dengan “kekayaan total” yang melebihi kekayaan negara-negara dunia seperti yang diperkirakan oleh Credit Suisse. Daftar itu memperlihatkan lima universitas – termasuk Princeton, Stanford, Yale, dan University of Texas System – mengalahkan lebih dari setengah dari 195 ekonomi dunia. Di daftar dengan sumbangan terbesar sebanyak $ 38,3 miliar datang dari Harvard.

Mungkin lebih dari perguruan tinggi Ivy League lainnya, Harvard menjual lebih dari sekadar gelar. Pendidikan Harvard menyediakan hidangan ke lingkaran eksklusif yang dihuni oleh orang-orang yang sangat kaya dan sangat berpengaruh. Harvard juga berupaya keras untuk mempertahankan reputasi ini. Kualitas pendidikan Harvard agak menurun selama dekade terakhir, sekarang menempati posisi keenam menurut The Times Higher Education World University Rankings. Namun, perusahaan yang sama selalu menilai reputasi lembaga sebagai murni, mencetak nilai 100 dalam metode penelitian dan pengajaran.

Sementara para guru di seluruh negeri telah melakukan pemogokan karena upah rendah dan biaya perawatan kesehatan, biaya kuliah telah melonjak ketika Wall Street menerima pinjaman pinjaman siswa seperti yang pernah dikemas dalam pinjaman hipotek. Sejak ‘SLABS’ (sekuritas yang didukung aset pinjaman siswa) diperkenalkan, jumlah total utang mahasiswa yang dipegang oleh siswa Amerika telah berlipat ganda.

Sekolah yang termasuk dalam jajaranĀ Ivy League tetap aman dari inflasi kredensial karena alumni yang menduduki posisi yang tinggi telah sepakat bahwa gelar harus tetap berharga, aset tahan resesi untuk orang kaya dalam kondisi tak aman dalam ekonomi yang tidak pasti. Sama seperti nilai seni modern terletak pada rumah lelang yang menjualnya dengan jutaan dollar, gelar Ivy League memiliki nilai karena keuangan semata-mata mendukung institusi yang memberikannya.

AS sering berada di peringkat di antara negara-negara yang paling tidak setara di dunia, dengan hanya tiga orang yang memiliki kekayaan sebanyak setengah dari populasi termiskin. Ini juga lebih tidak setara sekarang daripada hampir setiap saat sejak pendiriannya, namun tidak ada protes yang berkecamuk di jalanan, dan belum pernah terjadi sejak Occupy Wall Street. Kenapa?

Data dari Program Survei Sosial Internasional menunjukkan bahwa ketika ekonomi suatu negara menjadi kurang setara, orang-orang menganggapnya lebih sebagai meritokrasi – jenis tempat di mana, jika Anda belajar keras dan muncul tepat waktu, Anda juga dapat menjadi Master of the Universe. Jenis tempat di mana bahkan seorang anak yang tumbuh di jalanan dapat pergi ke Harvard. Membagikan beasiswa yang mencolok membantu Harvard melanggengkan ilusi ini.

Salah satu mitos tentang AS yang paling kuat dan bertahan lama adalah tentang tanah peluang, di mana siapa pun yang memiliki cukup keberanian dan keterampilan dapat ‘berhasil’. Ini mungkin pernah terjadi… mungkin.

Tetapi ketika sekolah-sekolah ini memiliki peti perang yang lebih besar dari kebanyakan negara, menjadi mustahil untuk mengabaikan fakta bahwa sistem ini tidak bekerja untuk semua orang. Dengan populasi tunawisma di banyak kota mencapai rekor tertinggi, bahkan ketika perguruan tinggi di kota-kota itu dengan rakus merebut lebih banyak real estate, ketidaksetaraan tidak pernah begitu mencolok.

Namun bahkan ketika tidak ada yang melihat orang tunawisma yang tinggal di Los Angeles dan membayangkan bahwa sebagai masa depan mereka, ada seluruh profesi yang ditujukan untuk meyakinkan siswa sekolah menengah yang mudah tertipu bahwa jika mereka memilih perguruan tinggi yang tepat, dunia akan berada dalam genggaman mereka. Mantan konsultan penerimaan Harvard berusaha mengempiskan mitos itu beberapa tahun yang lalu dalam sebuah artikel anonim berjudul ‘Ivy League Admissions Are a Sham: Confessions of a Harvard Gatekeeper’. Ia mengklaim bahwa kandidat langka dari ujung bawah skala sosial ekonomi yang muncul di mejanya selalu memiliki beberapa faktor yang mendiskualifikasi yang memungkinkan mereka dilewati karena rekan-rekan mereka yang kaya yang dipersiapkan untuk berkuasa sejak lahir.

Terlepas dari itu, bukan kebetulan bahwa sebagian besar alumni Ivy League dengan pandangan yang sangat seragam terhadap sistem yang sekarang mereka punya kekuatan untuk diubah, kalau saja mereka mau. Tapi kenapa mengguncang perahu? Sistem itu bekerja dengan baik untuk mereka.

‘Filantropi’ adalah tradisi yang mapan di kalangan elite. Banyak di antaranya merasa penting untuk dilihat sebagai “memberi kembali”. ‘Terlihat” adalah kata kunci operasi ini; amal tidak akan dianggap jika tidak ada orang yang mengetahuinya. Amal membentuk tulang punggung kehidupan sosial mereka, yayasan keluarga menjadi tempat peristirahatan terakhir kekayaan mereka (keluarga uang lama seperti Rothschild dan Rockefeller jarang muncul dalam daftar ‘terkaya di dunia’ karena mereka cukup bijak untuk menyembunyikan aset mereka), dan sayap-sayap museum diberi nama sesuai dengan para dermawan kaya sehingga orang miskin tahu bahwa tugas mereka adalah bersyukur, bukan membenci.

Paling tidak secara teori, semua orang menang: orang kaya menghindari pajak dan kelas pekerja dapat berpegang teguh pada mimpi bahwa jika anak-anak mereka bekerja keras, suatu hari mereka mungkin akan masuk Harvard dan bergabung dengan barisan penindas mereka.

Mengapa orang kaya tidak akan mengembalikan kepada lembaga yang menciptakan sistem seperti itu? Membagikan sejumlah beasiswa kepada anggota kelas pekerja yang paling menjanjikan adalah harga kecil yang harus dibayar untuk mempertahankan posisi seseorang di atas masyarakat yang semakin tidak setara. Status quo tidak mempertahankan dirinya sendiri. Itu pekerjaan Harvard.

By admin

RSS
Follow by Email