Mengeluarkan Batuk Apakah Ada Manfaatnya?

Beritatrendmasakini.comGaya Hidup, Jakarta – Setiap orang pastinya pernah mengalami batuk. faktanya, batuk dapat menyerang siapapun dan kapanpun. Tapi tahukah anda jika batuk merupakan respons alami terjadi gangguan dalam saluran pernapasan?

Umumnya, mengeluarkan batuk memiliki manfaat. Ada juga manfaatnya yaitu membersihkan penyebab iritasi sekresi, seperti debu dan asap, agar dikeluarkan dari paru-paru.

Pendapat Medical Manager PT Kalbe Farma, de. Helmin Agustina Silalahi, batuk merupakan salah satu mekanisme pertahanan saluran pernapasan dengan mengeluarkan benda tidak dikenal yang berada dalam saluran pernapasan.

“Dengan keadaan (batuk) ini merupakan salah satu cara untuk mempertahankan tubuh mengeluarkan lendir dan benda asing dari saluran nafas sehingga terhindar dari infeksi dan peradangan pada saluran napas,’ pungkas dr. Helmin.

Tapi harus diingat, ada juga batuk yang berlangsung hingga berhari-hari. Jika sudah seperti ini tandanya batuk sudah menjadi gejala medis.

Batuk terjadi karena adanya rangsangan terhadap refleks batuk sehingga batuk itu bukan akibat sengaja. Sementara batuk yang membahayakan adalah jika batuk sudah mengganggu saluran pernapasan, aktivitas sosial dan tidur sehingga menuruhkan kualitas hidup.

“Ada juga batuk yang disengaja namun tetap karena ada rangsangan dari benda asing dalam saluran pernapasan,” kata dr, Helmin.

Untuk bisa mengatasi gejala batuk dibutuhkan istirahat yang cukup serta menjaga pola makan yang sehat. Selain itu, konsumsi juga obat pereda batuk seperti Woods’ Cough Syrup. Kandungannya tidak akan menyebabkasn ngantuk, tidak mengandung alkohol, mengandung bahan alami 3DM (daun mint, daun ivy dan daun meniran), serta bisa menjaga daya tahan tubuh.

By admin

RSS
Follow by Email