Berita Trend Masa Kini.com – Ingin tidur nyenyak? Salah satu kuncinya adalah membilas diri. Tetapi banyak orang yang tidak tahan mandi pada malam hari karena suhu airnya begitu dingin hingga menusuk tulang.

Meski demikian pada saat mandi air dingin diklaim memiliki manfaat lebih besar dari pada mandi dengan air panas lho. Setidaknya menurut pendapat sejumlah dokter.

Semisal manfaatnya bagi rambut. “Air dingin akan merapikan kutikula yang berantakan serta menahan kelembaban di rambut untuk mencegah kerontokan,” Penjelasan Jessica Cheung, MD.

Bukan hanya itu, air dingin juga dapat mengencangkan pembuluh darah di kulit sehingga pori-pori akan menjadi padat, sehingga kulit tidak terlihat memerah atau bengkak. Air dingin juga dapat melancarkan peredaran darah. Itulah sebabnya setelah mandi dengan air dingin, tubuh tidak terasa menggigil, akan tetapi malah terasa hangat.

Baca juga : Berikut Alasan Minum Air Putih Lebih Dianjurkan Dari Pada Minuman yang Manis

Mandi dengan air dingin juga diklaim membantu menambah mood, meski buktinya masih belum banyak. Beberapa di antaranya dikemukakan dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Circumpolar Health. Studi ini mempelajari dampak kebiasaan orang Finlandia untuk ‘winter swimming’ atau berenang (outdoor) pada saat musim dingin tiba.

Di situ disebutkan berendam di air dingin (partisipan berenang empat kali seminggu) terbukti mengalami penambahan tenaga dan perbaikan kesejahteraan mental. Penelitian lain yang dilakukan di tahun 2007 juga mengatakan, mandi air dingin selama 2-3 menit juga membantu mengurangi gejala depresi.

Pada sisi lain, ada juga penelitian yang mengatakan mandi dengan air bersuhu rendah akan membantu menurunkan berat badan, yaitu dengan memperbanyak jumlah lemak coklat (brown fat), yang mampu membakar kalori lebih banyak.

Hal ini terungkap pada sebuah studi berskala kecil di tahun 2014. Partisipan pria yang tinggal di daerah bersuhu rendah memperlihatkan peningkatan lemak coklat dalam tubuhnya. Begitu juga dengan aktivitas metaboliknya. Sangat di sayangkan karena skalanya kecil, studi ini masih harus di lakukan pembuktikan lagi.

Yang pasti, menurut para dokter spesialis kulit dari New York City, Lance Brown, MD, hindari mandi dengan air yang sangat panas. Meski terasa nyaman ketika dipakai mandi pada malam hari, akan tetapi rambut dan kulit Anda akan merasakan ‘pahitnya’.

“Air panas akan meluruhkan minyak-minyak alami yang bersifat sebagai pelindung. Akibatnya pada kulit menjadi terlihat kering dan gatal, bahkan bisa saja memicu gangguan seperti eksim atau malah memperparahnya.”

Cheung menambahkan, tak usah takut kedinginan saat mandi dengan air dingin. “Anda hanya perlu mandi paling tidak 10 detik saja untuk mendapatkan manfaat pada saat mandi menggunakan air dingin,” ungkapnya.

Bila masih kurang berkenan, Brown memperbolehkan mandi menggunakan air hangat atau tidak begitu dingin selama 10 menit saja. Hal ini dikatakannya sudah memberikan efek yang lebih baik terhadap kulit ketimbang tidak mandi sama sekali.

By admin

One thought on “Mandi pada Malam Hari Sebaiknya Memakai Air Dingin atau Air Hangat?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email