Berita Trend Masa Kini – Sebuah lukisan gua di Indonesia yang menggambarkan adegan perburuan prasejarah bisa menjadi karya seni figuratif tertua di dunia sejak 44.000 tahun yang lalu. Ini menunjuk pada budaya artistik yang maju, menurut penelitian baru.

Ditemukan dua tahun lalu di pulau Sulawesi. Lukisan selebar 4,5 meter ini menampilkan binatang buas yang dikejar oleh pemburu setengah manusia yang menggunakan tombak dan tali.

Menggunakan teknologi penanggalan, tim di Griffith University Australia mengatakan telah mengkonfirmasi bahwa lukisan gua batu kapur telah ada setidaknya 43.900 tahun selama periode Paleolitik Muda.

“Adegan perburuan ini – setahu kami – saat ini merupakan rekaman bergambar tertua dari cerita dan karya seni figuratif yang paling awal di dunia,” kata para peneliti.

Penemuan itu terjadi setelah lukisan seekor binatang di sebuah gua di Pulau Kalimantan, Indonesia, yang sebelumnya diperkirakan telah berusia setidaknya 40.000 tahun.

Selama bertahun-tahun, seni gua dianggap telah muncul dari Eropa, tetapi lukisan Indonesia telah menantang teori itu.

Setidaknya ada 242 gua di Sulawesi saja, dan situs-situs baru ditemukan setiap tahun, kata tim itu.

Para peneliti sudah meneliti kalsit yang menumpuk di lukisan tersebut. Uranium radioaktif dalam mineral perlahan meluruh menjadi thorium. Sehingga, tim mengukur kadar berbagai isotop elemen-elemen ini. Penemuan telah membuktikan bahwa kalsit pada babi mulai terbentuk setidaknya 43.900 tahun yang lalu. Dan juga deposit pada kerbau setidaknya berusia 40.900 tahun.

Dalam adegan terakhir, pemburu digambarkan dalam warna merah gelap dengan tubuh manusia dan kepala binatang termasuk burung dan reptil.

Baca Juga: Kasus Garuda, Tagar #GarudaHartaTahtaWanita Trending

Lukisan itu, yang berada dalam kondisi yang buruk, menunjukkan bahwa budaya artistik yang sangat maju ada sekitar 44.000 tahun yang lalu, diselingi oleh cerita rakyat, mitos agama dan kepercayaan spiritual, kata tim itu.

Lukisan ini bukan lah yang tertua di dunia. Tahun 2018, peneliti menemukan gambar tertua di sebuah fragmen batu di Afrika Selatan. Lukisan tersebut berumur 73.000 tahun.

Sebelumnya, seni cadas yang ditemukan di Eropa berusia sekitar 14.000 sampai 21.000 tahun. Seni-seni tersebut dianggap sebagai karya seni dengan narasi tertua di dunia.

By admin

RSS
Follow by Email