Liburan Ramai - ramai Sambil Menanam Pohon di Bandung, Sayangi Bumi!

Berita Trend Masa Kini.com, Bandung – Menjaga alam suapay tetap lestari bisa juga dilakukan dengan berwisata. Misalnya saja ke objek wisata di Bandung yang satu ini, di mana pengunjungnya diajak untuk menanam pohon.

Jika ingin mengajak anak-anak Anda untuk wisata yang tidak biasa dan sarat akan edukasi. Datanglah ke Glamour Camping (glamping) Lakeside Rancabali, merupakan salah satu objek wisata baru yang bertempatkan di wilayah Bandung Selatan.

Bukan hanya memberikan fasilitas wisata yang lain dari pada yang lain dan menyajikan pemandangan lanscape Situ Patengang di atas perahu phinisi yang sulit diucapkan dengan kata-kata, bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Glamping Lakeside bersama rombongan, group atau kelompok diwajibkan untuk mengikuti Program Duta Oksigen.

Program tersebut digulirkan oleh pengelola untuk menghijaukan kawasan objek wisata Glamping Lakeside dengan kegiatan penanaman pohon.

“Nantinya wisatawan akan membeli bibit pohon kepada pengelola dan ditanam di kawasan Glamping Lakeside dan untuk perawatan pohon-pohon tersebut merupakan tanggungjawab dari pengelola,” Ucap Kordinator Program Duta Oksigen, Riki Bagonk di lokasi penanaman pohon di Glamping Lakeside Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Baca juga : Diving Keren Di Karimunjawa Terlihat Sebening Kaca

Riki mengungkapkan, penanaman pohon tersebut merupakan program unggulan, karena Glamping Lakeside merupakan objek wisata yang berbasis ekowisata atau yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek dalam memperdayakan sosial budaya, ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan juga.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga supaya lingkungan dan kita memiliki andil dalam melestarikan alam supaya tidak rusak,” pungkas Riki.

Liburan Ramai - ramai Sambil Menanam Pohon di Bandung, Sayangi Bumi!

Belum ada genap satu tahun, sudah ratusan pohon yang di tanam di kawasan Glamping Lakeside dan sekitarnya. Pepohonan yang ditanam wisatawan diberikan secara cuma-cuma karena telah termaksud dengan paket wisata, namun jika wisatawan memberikan uang, uang tersebut akan diberikan kepada pengelola untuk biaya perawatan.

Saat berkunjung ke Glamping Lakeside, ada ratusan pelajar SMP dari SMP An-Nisa Jakarta melakukan penanaman pohon. Sebetulnya kedatangan mereka untuk berlibur, tetapi karena mereka datang dengan berkelompok maka mereka diwajibkan untuk ikut Program Duta Oksigen.

Sebelum melakukan penanaman, para pelajar tersebut akan diberikan arahan oleh pengelola cara menanam pohon yang baik dan benar. Arahan tersebut dilakukan selama 30 menit, setelah mendapat arahan setiap pelajar akan diberikan masing-masing satu batang pohon untuk ditanam di sekitar kawasan Glamping Lakeside.

Pohon yang ditanam merupakan jenis pohon yang keras atau pohon endemik Jawa Barat diantaranya mahoni, rasamala, ki hujan dan pohon buah-buahan.

Terlihat keceriaan dari wajah para siswa, dari mulai mencangkul, menanam bibit pohon, menutup kembali dengan tanah dan menyiramnya dengan air mereka melakukannya dengan suka cita. Selain itu pohon-pohon tersebut diberikan tanda nama sekolahnya.

“Kami baru saja lulus dan berlibur ke sini untuk melakukan perpisahan sekolah. Kami ingin mengisi liburan ini dengan hal yang positif. Sehingga selain menikmati keindahan alam dengan menanam pohon ini kami pun bisa menyumbangkan oksigen melalui penanaman pohon ini,” ungkap salah satu siswa Rafi Ramadan.

Selain itu Agung juga berharap, ke depannya setelah melakukan penanaman pohon ini ia dapat berkumpul kembali bersama teman-teman sekolahnya untuk melihat pohon yang ditanamnya dalam beberapa tahun ke depan.

“Pohon ini yang akan menjadi alasan kami untuk bisa berkumpul kembali atau reunian. Sekarang kan ukurannya hanya beberapa centimeter, ke depannya bisa bermeter-meter,” pungkasnya.

By admin

RSS
Follow by Email