Kata Mahathir, Najib Akan Terjerat Dakwaan Berlapis Mengenai 1MDB

Beritatrendmasakini.comDunia, Kuala Lumpur – Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Razak akan dijerat dakwaan yang berlapis terkait skandal mega korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). PM Malaysia Mahatir Mohammad mengatakan dua dakwaan di antaranya yaitu penggelapan dan penyuapan.

Pada wawancara dengan Reuters, Mahathir mengungkapkan para penyidik Malaysia sudah mendapatkan ‘kasus yang hampir sempurna’ terhadap tersangka utama yang menggelapkan dan menyelewengkan uang negara yang sebesar miliaran dolar Amerika.

Mahathir juga mengatakan Najib yang mendirikan 1MDB pada tahun 2009, mempunyai peran sentral di skandal ini.

“Ia (Najib-red) benar-benar bertanggung jawab untuk 1MDB. Tidak ada yang dapat dilakukan tanpa tanda tangannya, dan kita menemukan tanda tangannya pada seluruh kesepakatan yang dibawa oleh 1MDB. Dengan begitu, ia bertanggung jawab,” pungkas Mahathir.

Dituturkan Mahathir bahwa para penyidik sedang berusaha untuk menjeratkan ‘sejumlah dakwaan’ terhadap Najib. Dakwaan-dakwaan itu didasarkan pada praktik penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan oleh Najib ketika masih menjabat PM Malaysia.

“Penggelapan, pencurian uang pemerintahan, menghilangkan uang pemerintah dan sejumlah dakwaan lainnya. Menggunakan uang pemerintah untuk menyuap. Semua hal tersebut,” tutur Mahathir mengatakan beberapa dakwaan yang mungkin dijeratkan ke Najib.

Mahathir mengatakan istri Najib, Rosmah Mansor, juga diselidiki terkait skandal korupsi 1MDB. “Sejumlah uangnya diyakini mengalir ke Rosmah, banyak uang,” pungkasnya. “Kita mengetahui mengenai ini, namun menemukan jejak dokumen sedikit lebih sulit pada kasus ini karena dia tidak menandatangani dokumen apapun. Najib yang menandatangani banyak dokumen,” ucap Mahathir.

Baca juga : Apartemen Mewah Milik Keluarga Najib Razak Digeledah Polisi

Diharapkan Mahathir bahwa penangkapan pertama terkait kasus 1MDB akan segera dilaksanakan dalam beberapa bulan ini. Ia juga berharap agar persidangan kasus 1MDB dapat digelar pada akhir tahun ini. “Kami berusaha bekerja sekeras mungkin dengan begitu cepat. Kami berpikir bahwa kami sudah mendapat kasus yang hampir sempurna,” kata Mahathir.

Ketika ditanya nama-nama yang menjadi target pada kasus ini, Mahathir menjawab. “Terhadap Najib, terhadap Jho Low dan beberapa orang lainnya.”

Jho Low alias Low Taek Jho merupakan miliarder Malaysia yang juda dianggap sebagai tokoh utama dalam skandal 1MDB. Sosok Jho Low dikata-katakan dengan Najib dan keluarganya. “Ketika kita berhadapan di pengadilan, kita akan mendapatkan bukti yang jelas mengenai pelanggaran hukum yang telah terjadi. Kita tidak boleh sampai kalah,” pungkas Mahathir.

Ditambahkan Mahathir bahwa Jho Low sudah menghubungi dirinya untuk membuat kesepakatan terkait kasus 1MDB, yaitu meminta perlindungan dari persidangan sebagai pertukaran atas informasi yang terkais dalam kasus ini. Mahathir menolak penawaran tersebut.

Ketika ditanya bagaimana jika Najib mengajukan penawaran serupa, Mahathir menegaskan kembali: “Tidak ada tawar menawar dan juga kesepakatan.”

By admin

RSS
Follow by Email