Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi?

Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi?

beritatrendmasakini.com – Kenapa jantung dapat berdebar setelah kita minum kopi? Kopi yang menjadi salah satu penyebab jantung berdebar lebih cepat dari biasanya. Karena kopi yang mengandung kafein, merupakan stimulan alami bagi tubuh. Saat kita meminum kafein, sistem saraf pusat kita dirangsang. Hal ini membuat gejala seperti, meningkatnya kewaspadaan, sakit kepala, gugup, jantung yang berdebar dengan kencang, dan pusing. Setiap orang yang bereaksi terhadap kafein ini ada cara yang berbeda-beda.

Ada beberapa yang tidak mengalami gejala apapun ketika sudah mengonsumsi kafein, tetapi tidak sedikit juga yang mengalami efek samping setelah mengonsumsi kafein. Bagi yang tidak terbiasa meminum kopi, maka seseorang cenderung mengalami palpitasi jantung. Atau juga orang yang sensitif terhadap kafein yang memicu reaksi jentung berdebar setelah meminum kopi. American Heart Association yang mengatakan, mekipun jantung memiliki gerak ritme yang teratur, tetapi ransangan pada saraf dapat mengubah gerak ritme tersebut.

Berapa cangkir kopi yang masih aman untuk dikonsumsi?

Meskipun kafein dapat membuat jantung berdetak cepat, namun dasarnya ini tidak membahayakan kesehatan. Sekitar 80 cangkir kopi perhari merupakan dosis kafein yang mematikan. Itulah artinya, ketika kopi masih dikonsumsi secara secukupnya maka kopi bukan termasuk hal yang membahayakan meskipun menimbulkan palpitasi jantung.

Menurut ahli jantung Amerika Serikat, Dr. Arthur Klatsky, yang meminum satu sampai tiga cangkir kopi sehari juga memiliki efek mencegah beberapa penyakit. Penelitian dilakukan menunjukkan kopi tidak memiliki efek perlindungan pada jantung, tetapi juga tidak menimbulkan efek berbahaya. American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa kebanyakan orang yang mampu menolerir jumlah kafein dalam jumlah sedang tanpa efek samping berbahaya. Sekitar 200 sampai 300 miligram kadein yang setara dengan dua atau sampai empat cangkir kopi per harinya masih dianggap normal. Jika lebih dari jumlah ini, dapat merangsang suatu reaksi tertentu termasuk salah satunya jantung yang berdebar.

BACA JUGA :

Nasi Merah Pencegah Penyakit Diabetes

Related posts