Ini Awalnya Pulau Bair Viral di Media Sosial

Beritatrendmasakini.comWisata, Bair – Keindahan Pulau Bair sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Ternyata ada cerita di ballik keteran pulau cantik namun tersembunyi di Kepulauan Kei.

Pulau Bair atau Baer memang belum begitu terkenal seperti Raja Ampat di Papua Barat. Namun dari fotonya yang catik ini sudah banyak yang tersebar di media sosial, bahkan viral. Rupanya, ada dokter-dokter muda di balik viralnya Pulau Bair ini.

Ya, awal ceritanya ada banyak dokter-dokter muda yang bertugas di daerah terpencil di kawasan Indonesia Timur. Mereka pin kemudian membentuk komunitas. Ketika sedang berlibur, mereka berkunjung ke pulau-pulau cantik ini.

Salah satunya yaitu Pulau Bair. Mereka pun berfoto dan menunjukkannya di media sosial. Foto yang tersebar itu pun menjadi viral. Dari situlah Pulau Bair sudah mulai dikenal dari kalangan traveler.

“Pulau Bair sudah mulai terkenal pada tahun 2015. Ada beberapa dokter PTT yang membentuk komunitas. Komunitas itu tersebar di beberapa kabupaten dan juga kita. Hasil dari foto yang diposting di Instagram itu menjadi vira,” pungkas Budhi Toffi, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Maluku Tenggara, Jumat (16/3/2018).

Di Pulau Bair ada tempat diving yang bisa di coba traveler. Sayang, di area tahun 2000-an ada terjadi konflik nelayan yang menangkap ikang menggunakan bom dan merusak beberapa titik. Padahal di sana merupakan wilayah untuk schooling ikan. Namun itu dulu, sekarang sudah tidak ada lagi.

Sekarang warga sudah banyak membudidayakan rumput lain dan juga kepiting bakau. Namun tidka bisa dipungkiri jika sektor laut masih menjadi andalan warga sekitar.

Sekarang, pariwisata diharapkan akan menjadi andalan lain selain sektor perikanan. Sudah ada banyak wisatawan dari mancanegara yang berkunjung ke sini, terutama dari Negara Eropa.

“Paling banyak wisatawan dari Belanda. Untuk paket per group juga banyak. Backpacker juga ada. Wisataan kita kuat di Amerika dan juga Eropa,” pungkas Budhi.

By admin

RSS
Follow by Email