Beritatrendmasakini.com – Jika Anda ingin memahami perang dagang yang sedang berkembang dengan China, hal pertama yang perlu Anda sadari adalah bahwa tidak ada yang dilakukan Donald Trump masuk akal. Pandangannya tentang perdagangan tidak jelas. Tuntutannya tidak bisa dipahami. Dan dia sangat melebih-lebihkan kemampuannya untuk menimbulkan kesusahan terhadap China dan meremehkan kesusahan yang China dapat timbulkan untuk AS sebagai pembalasan.

Hal kedua adalah bahwa tanggapan China sejauh ini cukup sederhana dan terstruktur, setidaknya mereka mempertimbangkan situasinya. AS telah menerapkan atau mengumumkan tarif pada hampir semua barang yang dijual Tiongkok yang dijual di AS, dengan tarif rata-rata tidak terlihat secara turun-temurun. Sebaliknya, pemerintah China belum melakukan apapun untuk membalas tindakan Trump dan melukai basis politiknya.

Mengapa China belum membalas Trump habis-habisan? Tampaknya mereka masih mencoba mengajarkan Trump beberapa hukum ekonomi. Apa yang mereka katakan melalui tindakan mereka, pada dasarnya, adalah: “Kamu pikir kamu bisa menggertak kami. Tapi kamu tidak bisa. Kami, di sisi lain, dapat menghancurkan petani Anda dan menghancurkan pasar saham Anda. Apakah Anda ingin mempertimbangkan kembali? “

Namun, tidak ada indikasi bahwa pesan ini tersampaikan ke Trump. Presiden AS tetap pada pendiriannya. Sebaliknya, setiap kali China berhenti dan memberi Trump kesempatan untuk memikirkan kembali, ia menganggapnya sebagai pembenaran dan mendorong balik lebih keras. Apa yang ditunjukkan oleh hal ini, pada waktunya, adalah cepat atau lambat tembakan peringatan akan berubah menjadi perang perdagangan dan juga perang mata uang.

Pandangan Trump? Inkoherensinya hampir setiap hari, tetapi salah satu tweetnya yang terakhir adalah ilustrasi yang sempurna. Ingat, Trump telah mengeluh tanpa henti tentang kekuatan dollar, yang menurutnya menempatkan Amerika pada kerugian yang lumayan banyak. Pada hari Senin, ia meminta Departemen Keuangan untuk menyatakan China sebagai manipulator mata uang. Ya, memang benar China memanipulasi mata uang… 8 tahun lalu. Sedangkan sekarang, mereka tidak memanipulasi mata uang. Trump lah yang ‘memaksa’ mereka untuk melemahkan mata uangnya.

Namun keesokan harinya ia menulis dengan penuh kemenangan di Twitter bahwa “sejumlah besar uang dari Tiongkok dan bagian lain dunia mengalir ke Amerika Serikat,” yang ia nyatakan “hal yang indah untuk dilihat.”

Apa yang terjadi ketika “sejumlah besar uang” mengalir ke negara Anda? Mata uang Anda naik. Itulah yang dikeluhkan Trump sekarang. Dan jika banyak uang mengalir keluar dari China, yuan akan jatuh, tidak mengalami penurunan sepele sebesar 2%.

Bahkan jika apa yang dilakukan dan dikatakan Trump tidak masuk akal, apakah China akan menerima tuntutan Trump?

Mari pikir kembali, apa tuntutan Trump sebenarnya? Sepertinya Trump terlalu terpatok pada surplus perdagangan antara China dan Amerika. Dimana, ini tidak meempunyai beberapa faktor penyebab dan juga ini tidak benar-benar ada di bawah kendali China

Pemerintah AS tampaknya sangat khawatir dengan China yang sudah memasuki industri teknologi yang tinggi. Dengan ini, posisi AS sebagai industri teknologi sudah sangat terancam. Yang perlu dicatat disini adalah China merupakan negara yang sangat kuat dalam ekonomi, tetapi masih lebih miskin dibandingkan AS.

Amerika, tentu saja, adalah pasar utama untuk barang-barang China, dan Cina membeli relatif sedikit sebagai balasannya, sehingga dampak buruk langsung dari perang tarif lebih besar bagi orang China. Tetapi penting untuk memiliki skala rasa. Tidak seperti Meksiko, yang mengirim 80% ekspornya ke AS. Ekonomi China kurang bergantung pada perdagangan dibandingkan negara-negara kecil, dan kurang dari seperlima ekspornya datang ke Amerika.

Jadi, meskipun tarif Trump jelas merugikan China, Beijing berada di posisi yang cukup baik untuk mengatasi efek dari peraturan baru ini. China dapat memompa pengeluaran domestik dengan stimulus moneter dan fiskal; itu dapat meningkatkan ekspornya secara lebih global dengan membiarkan yuan jatuh.

Pada saat yang sama, China dapat menimbulkan rasa sakitnya sendiri. Itu dapat membeli kedelainya di tempat lain, yang melukai petani AS. Seperti yang kita lihat minggu ini, bahkan melemahnya sebagian besar simbolis yuan dapat mengirim saham AS jatuh.

Dan kemampuan Amerika untuk melawan langkah-langkah ini terhalang oleh kombinasi faktor teknis dan politik. The Fed dapat memangkas suku bunga, tetapi tidak terlalu banyak mengingat seberapa parah kondisi mereka sekarang. Kita bisa melakukan stimulus fiskal, tetapi setelah melalui pemotongan pajak ramah-orang kaya pada 2017, Trump harus membuat konsesi nyata kepada Demokrat untuk mendapatkan sesuatu yang lebih – sesuatu yang mungkin tidak akan dia lakukan.

Trump berada dalam posisi yang jauh lebih lemah daripada yang dia bayangkan. Tetapi, sepertinya Trump tidak belajar dari China yang sedang mendidiknya.

By admin

RSS
Follow by Email