Dulu Katanya Terdapat Telapak Kaki Raksasa Si Kabayan

Beritatrendmasakini.comWisata, Bogor – Gunung Munara di Bogor memberikan lanskap alam yang begitu indah. Selain itu, dulu di sana juga terdapat telapak kaki raksasa di Kabayan.

Liburan ke Bogor bosan dengan wisata yang itu-itu saja? Wisata kuliner, shopping dan juga mall pastinya suah mainstream. Yuk di coba untuk berwisata anti mainstream dengan mencoba berwisata ke Gunung Munara. Berlokasi di dekat desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumping, kabupaten Bogor, bisa ditempuh dengan 2 jam perjalanan dari kota Bogor. Gunung Munara merupakan bukit yang menyajikan landskap alam yang indah. Diungkapkan sebuah bukit, karena Gunung Munara hanya memiliki ketinggian 1.119 mdpl.

Saya bersama dengan mahasiswa Konservasi dari sumberdaya hutan dan ekowisata IPB melakukan kegiatan education trip mengenai interpretasi alam yang ada di Gunung Munara. Kegiatan ini merupakan bagian dari praktik kuliah yang bertujuan dalam mempromosikan potensi ekowisata yang belum bayak di kunjugi oleh masyarakat.

Aktivitas wisata alam yang dapat dilakukan di Gunung Munara cukup variatif mulai dengan melihat hamparan pemandangan lanskap alam yang begitu indah dari atas bukti, melihat kehidupan satwa liar dari moyet panjang, tupai, biawak, bajing dan juga kelelawar.

Bagi kamu yang pecinta burung, siapkanlah binocular untuk bird watching karena lokasi ini merupakan habitat para burung. Apabila kamu berutung, anda dapat menjumpai burung raptor seperti elang yang sedang mencari mangsa di lokasi tersebut. Hal menari yang tidak di perbolehkan lewat di sini tentunya bersua foto. Di sini terdapat beberapa spot foto yang menarik dan instagenic yang tentunya tidak boleh anda lewatkan.

Kegiatan wisata ke Gunung Munara dapat dikatakan sebagai sebuah wisata adventure. Perjalanan yang harus ditempuh dari spot satu dengan lain harus dilalui dengan tracking yang cukup menanjak dan waktu untuk ditempuh dari gerbang utama menuju puncak bukit kurang lebih satu hingga satu setengah jam perjalanan.

Histori yang berada di Gunung Munara cukup menarik. Pada lokasi ini terdapat beberapa situs yang bisa kita jumpai seperti goa pertapaan Presiden Indonesia pertama Ir Soekarna pada saat perumusan kemerdekaan, Goa persinggahan Sultan Maulana Hasanudin dari Banten dan juga jejeak telapak kaki kiri raksasa miliknya Si Kabayan. Si Kabayan merupakan seorang tokoh cerita rakyat dari Jawa Barat yang dikenal lucu, pemalas dan memiliki akal bulus terutama jika dalam menghadapi mertuanya.

pendapat penuturan Pramitha, selaku pemandu wisata yang menemani trip kami mengatakan bahwa menurut dari cerita warga Gunung Munara, jejak telapak kaki raksasa ini merupakan telapak kaki kiri Si Kabayan dan jejak telapak kaki kanannya berlokasi di Cirebon. Dengan ukurang jejak kai ini dikatakan raksasa karena memiliki panjang lebih dari 120 CM dan lebarnya 30 CM. Masih terlihat dengan jelas bahwa wisatawan yang mengunjungi Gunung Munara untuk melihat langsung telapak kaki ini kerena penasaran. Cerita mengenai jejak kai raksasa itu masih simpang siur dan cukup banyak versinya.

Tiket untuk bisa masuk ke Gunung Munara cukup terjangkau yaitu Rp 15.000. Gunung Munara merupakan sebuah rekomendasi wista yang cocok bagi kami yang ingin merasakan wisata 3 in 1 dengan menikmati keindahan alam, adventure dan histori dengan bersamaan.

By admin

RSS
Follow by Email