Cara Untuk Merawat Luka dari Sengatan Tawon

Berita Trend Masa Kini.com, Jakarta – Sebagian orang pasti pernah tersengat oleh tawon, entah ketika sedang asyik bermain atau tanpa sengaja kita mengganggu keberadaan sarangnya. Seperti yang sudah pernah diberitakan, seorang bocah laki-laki telah diserang tawon beserta koloninya setelah membesuk tahanan di gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Diketahui tawon tersebut akan meninggalkan bekas sengatan pada bagian yang menjadi sasaran tawon tersebut. Sengatan tawon tentu sangat menyakitkan. Untuk meredakan rasa sakitnya, bagaimana perawatan yang benar?

Baca juga : 6 Tempat Sensitif Wanita Saat Berciuman

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Permata Depok, de Galih Manggala SpKK, bila terkena sengatan tawon masih tertingggal pada kulit, maka harus di cabut segera sengatan itu, kemudian segera di kompres daerah yang tersengat dengan menggunakan air dingin untuk mengurangi rasa nyeri.

“Pertama cabut sengatnya. Kemudian luka dikompres menggunakan air dingin untuk mengurangi nyeri,” ucap dr Galih, panggilan akrabnya.

tambah dr Galih, untuk perawatan pada lukanya, harus menghindari bahan yang iritatif seperti alkohol, antiseptik dan minyak-minyak herbal. “Biasanya kalau ke dokter diberi salep anti alergi,” ungkapnya.

dr Galih menambahkan, bila ada pasien yang terkena sengatan tawon merasa pusing atau panas bisa berbaring denga posisi kaki harus lebih tinggi (pre shock). Selain itu bila terjadi gatal-gatal pada seluruh tubuh, pingsan ataupun sesak sebaiknya segera pergi ke UGD rumah sakit.

By admin

RSS
Follow by Email