Bukan Hanya Tuli, Berikut Pengaruh Buruk Jika Terlalu Sering Menggunakan Earphone

Beritatrendmasakini.comGaya Hidup, Jakarta – Pada beberapa profesi yang selalu terpapar intensitas suara tinggi atau bisa dikatakan bising seperti di pabrik mesin atua juga memang biasa menggunakan earphone untuk mendengarkan lagu, tentu saja rentan mengalami gangguan pada pendengaran. Meski dilihat spele, jika dibarkan saja akan memiliki pengaruh. Seperti apa pengaruhnya?

“Pengaruhnya, pasti penurunan pendengarannya yang bersifat permanen. Tidak bisa diperbaiki, akan terus menurun, iya,” ucap dr Linda Herliana, Sp THT-KL, Mkes, dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan dari RS Permata Depok, ketika di wawancarai.

Bukan hanya itu, karena telinga memiliki sistem keseimbangan, ketika mendengarkan suara bising dan menyebabkan pendengaran menurun maka keseimbangan itu bisa terganggu. Akibatnya bisa menimbulkan kendala seperti vertigo.

Baca juga : Studi Terbaru Menemukan Madu di Seluruh Dunia Sudah Tercemar Pestisida

“Ketika pendengaran semakin menurun terlalu jauh atau cepat, tidak sesuai pada usia, keseimbangan salah satunya bisa mengalami gangguan, seperti vertigo atau juga pusing berputar-putar. Walaupun tidak dominan bisa membuat vertigo,” tutur de Linda.

“Penyaluran oksigen atau aliran darah ke telinga terdalam akan berkurang nih, akhirnya bisa terkena vertigo,” tambah dr Linda.

Dengan dari itu, gunakanlah alat pelindung. Misalnya ketika bekerja di pabrik sebaiknya menggunakan ear muff dna jika memang senang menggunakan earphone belilah yang kualitasnya memang bagus.

“Jika di pabrik biasa menggunakan ear muff, jika yang biasa menggunakan earphone beli yang kualitasnya terbaik jagan setengah-setengah. Jika earphone yang harganya bagus pada frekuensi tinggi atau tidak baik bagi telinga otomatis akan meredam,” tutur dr Linda.

By admin

RSS
Follow by Email