Bukan Bukit Tebing Keraton Melainkan Puncak Gagoan di Sumatera Barat

Berita Trend Masa Kini.com, Solok – Selain Ngarai Sianok, Sumatera Barat juga memiliki Puncak Gagoan yang tidak kalah oleh Tebing Keraton, Bandung. Harus datang ke sini saat mudik Lebaran nanti.

Puncak Gagoan merupakan sebuah objek wisata berupa pemandangan indah yang tersembunyi di balik Pegunungan Bukit Barisan. Spot ini berlokasi di Paninggahan, Kecamatan Junjuang Siriah, Kabupaten Solok. Kira-kira hanya satu jam saja dari Kota Solok atau jika traveler berangkat melalui Kota Padang, kira-kira hanya dua jam perjalanan menggunakan motor.

Di Puncak Gagoan kita akan dimanjakan oleh lukisan Tuhan yang pastinya tidak akan bosan dipandang mata. Dari mulai dari perjalanan menuju puncak, kita dapat melihat tubuh perbukitan Bukit Barisan yang hijau ditambah ilalang yang tumbuh dengan liarnya. Dari berbagai sisi kita akan melihat pemandangan yang tidak akan bisa di lupakan!

Baca juga : Liburan Ramai – ramai Sambil Menanam Pohon di Bandung, Sayangi Bumi!

Jika kita memandang ke arah utara, traveler dapat melihat kokohnya tegak Gunung Merapi dan Gunung Sago. Di sebelah Timur kita dapat melihat Danau Singkarak dan sedikit julangan Gunung Merah Putih Janjang Saribu Sulik Aie, Kecamatan X Koto.

Sesampainya di sebuah pelataran dan jalan semen, setelah berbelok kita akan menemukan beberapa warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Setelah itu kita akan menuruni jalan setapak yang terdapat di lereng bukit. Tidak berlama-lama kita akan sampai di Puncak Gagoan.

Nah, inilah yang sangat menarik dari Puncak Gagoan. Jika biasanya ingin ke puncak kita harus menanjak terlebih dahulu, sedangkan di Puncak Gagon kita akan menuruni lereng bukit untuk mencapai spot view-nya. Puncak yang berlokasi di gugusan Pegunungan Bukit Barisan ini berhadapan langsung dengan bentangan jurang yang sangat terjal. Jurang yang sangat kokoh dengan batu cadas padat ini menjadi pesona yang menghiasi hijaunya perbukitan.

Jika traveler ingin berkunjung ke sini, jangan lansung buru-buru pulang. Pemandangannya sangat bagus sekali. Suasananya sangat sejuk dan nyaman hingga sangat cocok bagi yang ingin menyendiri dan melepas penat ke sini. Dari puncak kita bisa mendengar bunyi aliran sungai yang berada di dasar jurang lho.

Akan lebih greget jika traveler ke sini dengan membawa kompor portable dan cooking set untuk ngopi. Bayangin saja serunya dengan menikmati pemandangan yang asri, sambil menikmati angin sepoi-sepoi sembari minum kopi dan bercengkarama. wussshhh…. sangat mantap! Pastinya di sini juga merupakan spot bagus untuk selfie.

Kita memberikan saran, jika menuju ke lokasi menggunakan kendaran roda dua. Karena akses jalannya begitu sempit bagi pengguna roda empat. Jangan ngebut ya guys, soalnya banyak belokan. Bahaya!

Untuk biaya masuk, pengelola dari penduduk setempat tidak mematokan tarif. Ala kadarnya saja untuk biaya kebersihan, dan tarif parkir motor pun hanya dipungut sebesar 2.000 Rupiah dan 5.000 Rupiah bagi pengguna mobil.

By admin

RSS
Follow by Email