Begini Pendapat 10 Parpol, Terkait Amien Rais Siap Nyapres

Beritatrendmasakini.comNews, Jakarta – Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengatakan siap untuk maju sebagai calon presiden 2019. Respons dari 10 parpol di DPR pun bervariasi.

Amien Rais siap maju sebagai capres ia menyampaikan setelah acara berbuka puasa di rumah dinas Ketum PAN Zulkifli Hasan, Sabtu (9/6). Selain Amien, ada sebanyak tiga nama yang tengah dijaring PAN yaitu Zulkifli, Soetrisno Bachir dan Hatta Rajasa.

“Nah Mbah Amien Rais ini biarpun tua ya tidak apa-apa. Begitu juga dengan Mahatir jadi, saya jadi remaja lagi sekarang. Biarlah nanti rakyat yang membuat pilihan,” pungkas Amien kepada wartawan di tempat.

1. PAN

PAN menyampaikan, salah satu pemicu Amien untuk maju sebagai capres akibat dari faktor kemenangan Mahathir Mohammad sebagai PM Malaysia di usia ke-92. Amien sendiri yang sekarang ini berusia 74 tahun, dilihat masih bisa untuk memimpin bangsa.

“Dengan begitu Mahathir menjadi PM Malaysia, Pak Amien merasa menjadi remaja karena 20 tahun lebih muda. Pak Amien kan di bawahnya, jadi sangat memungkinkan karena secara fisik dan pemikirian yang sudah siap,” tutur Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay.

Secara terpisah, Waketum PAN Viva Yoga Mauladi mengungkapkan 3 alasan PAN serius untuk mencapreskan Amien, adalah :

1. Pak Amine mempunyai integritas sebagai pemimpin nasional, cinta NKRI dan cinta rakyat Indonesia.
2. Pak Amine mempunyai konsep dan kapasitas leadership dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia untuk menuju cita-cita Nasional sesuai dengan berdirinya Negara Republik Indonesia.
3. Pak Amien memiliki fisik yang kuat dan stamina prima untuk beraktivitas sesuai dengan tuntutan kerja. usia tidak bisa menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pekerjaan.

2. Gerindra

Gerindra memberikan penjelasan, Amien masih mempunyai hak untuk maju sebagai capres secara konstitusional. Tapi apakah Gerindra siap menyorongkan Amien menjadi capres/cawapres akan dibahas akan dibahas setelah Pilkada Serentak 2018.

“Jika bicara siapa yang mendampingi Pak Prabowo, semua harus memikirkannya. Tidak hanya Pak Amine, mau Bang ZUl, 9 nama PKS, Mas AHY, Mas Anies, Pak Gatot dan siapa pun,” tutur Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade.

3. PKS

PKS mendukung niatan Amien, Meski dengan begitu, PSK memberikan saran agar figur muda yang lebih didorong untuk memimpin bangsa. Figur muda ini termasuk 9 capres/cawapres yang dimiliki PKS.

“Apresiasi keinginan mengusung Pak Amien, Di usia 74 tahun pastinya lebih muda dari usia Dr Mahathir Mohammad yang menjadi PM di usia 92 tahun. Tapi akan jauh lebih baik jika kita memberikan kesempatan pada yang masih muda untuk memimpin bangsa,” ucpa Ketua DPP PKS Mardani ALi Sera.

4 Hanura

Hanura meragukan Amien maju menjadi Pilpres. Hanura meminta Amien mengubur angannya maju sebagai capres.

“Saran saya untuk Amien Rais agar tidak berpikir ingin nyapres deh lebih baik berzikir saja,” pungkas Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah Zubir.

5. PPP

PPP melihat kapasitas Amien beda jauh dengan Mahathir. PPP mengungkit kekalahan Amien Rais di Pilpres tahun 2004 ketika duet dengan Siswono Yudo Husodo.

“Menyamakan diri dengan Mahathir ya sangat jauhlah dan beda situasi sosial-politiknya. Mahathir pernah menjadi PM dan berprestasi sehingga dikenang oleh masyarakat Malaysia. Maka ketika Mahathir kembali ke politik, daya ingat Rakyat Malaysia masih kuat. Amien Rais? Menjadi ketua MPR yang banyak melakukan amendemen UUD 1945 yang salah satunya memicu liberalisasi politik dan ekonimi. Dan pemilu 2004 juga sebagai calon Presiden, hasilnya ya kalah,” tutur Wasekjen PPP Achmad Baidowi.

6. NasDem

Partai besutan Surya Paloh ini menganggap manuver Amien merupakan dagelan politik. engan siapnya Amien menjadi capres, hal itu dinilai NasDem membuat kondisi ‘koalisi sebelah’ semakin runyam.

“Itu semua pernyataan lucu-lucuan saja. Kenapa? Karena itu menambah rumitnya dan menambah bingung situasi koalisi itu sendiri. Koalisi belum terbentuk, membuat tambah rumitnya koalisi sebelah,” pungkas Sekjen NasDem Johnny G Plate.

7. Golkar

Golkar mendukung Amien untuk maju sebagai capres dari pada terus mengkritik pemerintahan Joko Widodo. PAN mendoakan Amien beruntung di tahun 2019.

“Pak Amien Rais mempunyai kapsitas dan kemampuan dalam mempin RI ini. Daripada teriak-teriak dan mengkritik Pemerintahan Pak Jokowi lebih baik maju saja sebagai capres. Berjuang merebut kekuasaan Pemerintahan. Kita buktikan mana yang lebih dipercaya oleh rakyat,” kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily.

8. PKB

Pendapat PKB, jika Amien maju sebagai capres, akan meramaikan kontestasi lima tahunan. Tapi PKB mengatakan duet Jokowi-Cak Imin (JOIN) masih unggul.

“Jika nanya aja, JOIN paling kuat dan tidak terkalahkan,” pungkas Wasekjen PKB Daniel Johan.

9 PDIP

PDIP meyampaikan, niat Amien maju sebagai capres dilindungi konstitusi. Nama Amien juga telah diantisipasi PDIP jika benar-benar siap maju Pilpres dan berdet dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

“Bagus. Demokrasi kita semakin membuka banyak pilihan. Salah satu yang telah kami antisipasi dalam simulasi Pilpres yaitu paslon Prabowo dan Amien Rais,” kata ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno.

10. Partai Demokrat

Pendapat Demokrat, jika Amien maju, Pilpres tidak melulu mengenai rivalitas Joko Widodo dengan Prabowo subianto saja. Selain itu, Demokrat mempertanyakan peluang bagi Amien maju Pilpres.

“Jika kita mencermati kembali dengan betul apakah Pak Amien Rais memiliki peluang untuk maju, ini yang menjadi pertanyaan. Jika kesiapan saya pikir banyak yang siap. Tapi syarat di presidential threshold itu sangat membebani dan berat, ini tidak mudah,” kata Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum Demokrat Ferdinand Hutahaean.

By admin

RSS
Follow by Email