slot39 slot1288

BERITA TREND MASA KINI РSelasa 8 Agustus 2023 IQAir, perusahaan teknologi kualitas udara dari Swiss, yang mengkhususkan diri dalam perlindungan terhadap polutan di udara dan mengembangkan pemantauan kualitas udara menempatkan Jakarta di peringkat satu atau yang teratas sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia dengan indeks kualitas udara terukur mencapai 164 secara akumulatif.

“Polusi Jakarta yang bertahun-tahun punya AQI rata-rata di atas 170 dan berstatus ‘berbahaya untuk kesehatan’, tapi tetap tidak ada yang bahas atau gerak. Sementara di beberapa negara, capai AQI 150 itu sudah jadi headline berita dengan warning heboh jangan keluar rumah, tutup jendela, pakai masker dan pasang purifier,” tulis Renatta Moeloek, celebrity chef di akun twitternya.

Melansir detikHealth, berdasarkan catatan aplikasi Nafas Indonesia kualitas udara rata-rata di Juli 2023, konsentrasi PM 2.5 ibu kota ada di angka 10 kali lipat melampaui batas anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). PM 2.5 adalah partikel padat polusi udara berukuran 35 kali lebih kecil dari diameter sebutir pasir. PM 2.5 sangat berbahaya karena bisa ikut terhirup saat kita bernapas dan terbawa hingga ke pembuluh darah. Kesehatan masyaratkat pun kian terancam.

Tidak hanya jakarta, di India tepatnya di kota Mumbai, kualitas udaranya juga berada di antara kategori buruk dan sangat buruk. Antara 5 dan 8 Januari, tercatat AQI di atas 300 dan naik menjadi 317 pada 7 Januari. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila baik di Jakarta maupun Mumbai mengalami kabut asap, penduduk setempat, terutama yang menderita asma atau gangguan pernapasan lainnya, berbondong-bondong ke rumah sakit dan klinik dengan keluhan batuk serta infeksi tenggorokan dan saluran pernapasan atas.

Pakar medis mengatakan bahwa polusi udara dapat memperburuk fungsi paru-paru. Polusi udara berkontribusi terhadap kondisi kesehatan lainnya, seperti kanker kandung kemih, penyakit paru-paru, termasuk asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), infeksi pernapasan, dan penyakit kardiovaskular. Polusi udara adalah campuran kompleks dari partikel dan gas yang dihasilkan oleh kegiatan industri dan komersial, dan berbagai jenis transportasi seperti bus, kereta api, pesawat terbang, dan mobil.

CARA MELINDUNGI PARU-PARU ANDA DARI POLUSI UDARA

1. Kurangi paparan asap rokok. Orang yang merokok harus pergi ke luar untuk merokok untuk menghindari polusi dalam ruangan.

2. Menurut Dr Neetu Jain, Senior Consultant, Pulmonary & Critical Care, Sleep Medicine, hindari keluar pada pagi atau sore hari. Jika ingin berolahraga outdoor, lakukan setelah jam 10 pagi. Udara lebih berat saat dingin, jadi Anda akhirnya menghirup udara yang tercemar di pagi atau sore hari. Saat udara lebih ringan, udara naik sehingga tidak setinggi pernapasan Anda dan ini terjadi antara pukul 10 pagi dan 3 sore. Jadi cobalah berolahraga setelah jam 10 pagi atau lebih dan sebelum matahari terbenam.

3. Orang yang menderita berbagai penyakit pernapasan atau memiliki penyakit kronis, terutama yang berusia di atas 65 tahun, harus divaksinasi flu.

4. Saat Anda berpergian atau berada di luar, gunakan masker polusi N95, atau masker dengan katup. Ini tentang apa yang mereka hirup dan bukan apa yang mereka hembuskan. Masker ini bisa sedikit lebih nyaman daripada masker N95, terutama bagi mereka yang rentan terhadap polusi.

5. Jika Anda memiliki gorden tebal di rumah, cucilah setiap 2-3 bulan agar tidak mengumpulkan debu atau polusi udara. Jangan menggunakan terlalu banyak karpet di dalam rumah.

6. Perbanyak makan buah jeruk dan makanan kaya antioksidan untuk melindungi paru-paru mereka dari pengaruh udara. Nutrisi yang tepat akan menjaga kesehatan paru-paru.

7. Jangan gunakan agarbattis atau dupa di dalam rumah. Hindari juga penggunaan obat nyamuk bakar. Sebaliknya, pembersih udara atau air purifier harus digunakan.

8. Pelihara tanaman dalam ruangan seperti tanaman Ivy, Spider dan Snake, yang merupakan pembersih udara alami untuk rumah.

By admin

RSS
Follow by Email