Bagi Wanita Perlu Kamu Ketahui Ketika Haid Nafsu Makanmu Akan Bertambah

Bagi Wanita Perlu Kamu Ketahui Ketika Haid Nafsu Makanmu Akan Bertambah

Berita Trend Masa Kini.com – Haid adalah masalah bagi setiap wanita yang tentunya sangat menyebalkan. Tetapi untuk semua wanita yang menjelang dewasa proses pembersihan tersebut selalu kamu jumpai setiap bulannya ataupun terkadang bisa telat dari tanggal awal kamu mengalami haid.

Sebagian wanita terkadang sudah hapal dengan aktifitas tamu bulanan nya tersebut , dan ada juga yang sengaja mencatatnya agar tidak lupa. Tetapi kamu juga bisa menandainya dengan ketika nafsu makan yang bertambah dan diikuti dengan selalu ingin ngemil. Pertanda itu akan datang ketika kamu akan mendapati Haid.

Kebanyakan wanita selalu mengalami hal yang sama, yang membuat perut menjadi tidak mudah lapar disebabkan kuatnya nafsu makan yang terus meningkat menjelang haid. Perubahan kondisi tersebut bisa dikatakan dengan perubahan hormonal pada tubuh wanita.

Baca Juga :  Waspadai Makan Sayuran Berikut Ini Yang Bisa Buat Kamu Kentut Terus Menerus

Pada tahap periode menstruasi pada wanita, akan terjadi perubahan hormon kortisol, progesteron, serotonin dan juga kadar mnagnesium. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa perubahan yang akan terjadi pada tubuh wanita ketika haid, antara lain :

* Hormon kortisol

Hormon ini sering disebut dengan hormon stress, pada saat wanita sedang haid maka tubuh akan lebih banyak memproduksi kortisol yang berguna membantu tubuh siap dalam mengahadapi efek haid. Ketahuilah jika peningkatan kortisol akan membuatmu dominan untuk melahap makanan yang manis.

* Hormon serotonin

Berbeda dengan hormon diatas, peningkatan kadar kortisol akan mengakibatkan penurunan serotonin dimana si hormon bahagia. Sebab serotonin akan berkurang pada masa haid, sehingga nafsu makan yang semakin meningkat. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak makanan yang akan menggantikan perasaan nyaman yang akan terkontrol oleh serotonin, yang tanpa kamu sadari jika semakin banyak kamu makan akan semakin membuatmu nyaman.

* Hormon progesteron

Ketika menjelang dan selama haid kadar hormon progesteron akan menurun sehingga kondisi tersebut akan membuat tanda-tanda PMS akan datang. Yaitu perasaan sedih, perasaan ini lah yang mendorong tubuh untuk membutuhkan karbohidrat yang mampu meningkatkan tingkat serotonin. Kamu bisa menjadikan nafsu makan untuk mengembalikan mood yang kurang baik ketika sedang haid.

Bagi Wanita Perlu Kamu Ketahui Ketika Haid Nafsu Makanmu Akan Bertambah

* Kadar magnesium

Tidak perlu heran jika saat kamu sedang haid akan selalu ingin ngemil coklat ataupun cemilan yang manis, karena itu adalah respon tubuh ketika kadar magnesium sedang mengalami penurunan. Sedangkan coklat di percaya banyak mengandung magnesium.

Related posts