Apakah Benar Pohon Kina Dapat Mengobati Virus Corona?

Apakah Benar Pohon Kina Dapat Mengobati Virus Corona?

beritatrendmasakini.com  —  Sempat terdengar berita tentang bahan rempah-rempah yang dipercaya membantu meningkatkan daya tahan tubuh, seperti jahe merah. Banyak orang yang memborong rempah-rempah ini untuk mencegah datangnya virus corona. Lalu apakah benar Pohon Kina dapat mengobati virus corona tersebut?

Sebuah lembaga riset di Tiongkok dan AS menemukan hasil bahwa ekstrak kloroquin fosfat yang terdapat pada pohon kina dapat terbukti dengan efektif menghambatnya pertumbuhan dan juga memblokade infeksi dari virus korona atau covid-19.

Studi yang dilakukan US National Library of Medicine National Institutes of Health kepada 100 pasien, dapat berhasil disembuhkan. Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat menyadari bahwa pohon kina tumbuh dengan subur di tanah Jawa Barat (Jabar), dan meminta perguruan tinggi untuk meneliti serta membuktikan hasil penemuan yang mengatakan pohon kina dapat mengobati pasien virus corona.

BACA JUGA :

Seorang Guru Besar dibidang Farmakologi dan Farmasi Klinik dari Universitas Padjajaran, Keri Lestari yang membenarkan hal itu.  Keri mengatakan bahwa dalam studi in vitro yang baru-baru ini, klorokuin fosfat ditemukannya hasil dapat memblokir infeksi virus corona pada konsentrasi mikromolar rendah.

Keri juga mengatakan bahwa Jawa Barat yang sangat beruntung memiliki kebun kina. Perusahaan Kimia Farma (bidang obat-obatan), juga memiliki pabrik yang memproduksi ekstrak kina yang berlokasi di Kabupaten Bandung. Keri menyampaikan bahwa klorokuin fosfat biasanya digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit malaria.

Related posts