Apa itu sindrom Ramsey Hunt yang serang Justin Beiber hingga harus tunda turnya

BERITA TREND MASA KINI – Setelah menunda tiga pertunjukan di Washington dan Toronto dengan alasan masalah medis yang dirahasiakan, akhirnya pada 10 Juni, Justin Bieber memposting video di Instagram yang membeberkan kepada para penggemarnya bahwa separuh wajahnya lumpuh karena sindrom Ramsay Hunt. Bersamaan, ia mengumumkan dengan terpaksa harus membatalkan sisa pertunjukannya di bulan Juni dan awal Juli.

Sindrom Ramsay Hunt, disebabkan oleh virus varicella-zoster, virus yang sama yang menyebabkan cacar air dan herpes zoster atau cacar ular. Beiber mengatakan bahwa virus itu telah menyerang saraf di telinga dan saraf wajahnya hingga menyebabkan wajahnya lumpuh separo. Beiber menunjukkan salah satu matanya yang tidak bisa dikedipkan. Begitu pula dengan salah satu lubang hidungnya yang tidak bisa digerakkan dan tidak bisa tersenyum di sisi wajahnya yang sama.

Sindrom Ramsay Hunt adalah gangguan neurologis langka yang terjadi ketika virus varicella-zoster menginfeksi saraf di kepala dekat telinga bagian dalam. Setelah menderita cacar air saat kecil atau cacar ular saat dewasa, virus dapat tertidur di dalam tubuh. Alasan mengapa virus bisa aktif kembali dan memunculkan gejala Ramsay Hunt hingga kini tidak diketahui.

Gejalanya bisa berupa ruam yang menyakitkan di dalam saluran telinga dan di luar telinga, terkadang menyerang lidah dan langit-langit mulut. Karena keterlibatan telinga bagian dalam, orang dengan kondisi tersebut juga dapat menderita vertigo (sensasi pusing atau benda berputar di sekitar Anda), atau tinnitus, dering di telinga.

Sindrom Ramsay Hunt juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran pada sisi wajah yang terkena. Seperti Bieber, juga dapat menyebabkan kelemahan, wajah terkulai atau kelumpuhan pada sisi wajah yang telah terserang virus.

Perawatan bisa dari steroid seperti prednison untuk mengurangi peradangan dan obat nyeri. Obat antivirus yang membantu keluarga herpes, seperti asiklovir atau valasiklovir juga dapat diresepkan untuk penderita sindrom Ramsay Hunt ini. Jangka waktu pemulihan penuh tidak bisa dipastikan. Beberapa pulih dalam beberapa bulan. Namun, semakin dini terdeteksi, semakin baik dan cepat peluang pemulihannya.

Related posts