Aktivitas terselubung yang bikin tubuh sehat

Berita Trend Masa Kini — Mengejar sampai tertangkap binatang peliharaan yang kabur ketika pagar rumah terbuka, terpaksa lewat tangga darurat ketika lift kantor dalam perbaikan karena atasan anda sudah menunggu di ruang meeting dan beberes seisi rumah sebelum mertua datang berkunjung, bagi beberapa orang yang suka merendah untuk dipuji tidak berarti apa-apa.

Tapi anda harus bangga sama diri sendiri karena ternyata ada satu hal penting yang menjadi kesamaan antara kegiatan-kegiatan yang disebutkan diatas tadi dengan lari marathon ber-kilo-kilo-meter yang selalu anda banggakan ke teman-teman: mereka sama-sama latihan atau olahraga.

Kegiatan fisik yang terselubung seperti belanja bulanan rumah, mencuci dan menjemur pakaian,  mencuci mobil atau motor sendiri ternyata memiliki nama, yaitu: non-exercise activity thermogenesis atau NEAT.

Sebuah studi secara singkat menjelaskan bahwa apapun bentuknya, kegiatan-kegiatan yang menghasilkan gerakan tubuh akan meningkatkan pengeluaran kalori.

Jadi NEAT itu sebenarnya bagian penting yang terabaikan dari keseluruhan aktifitas fisik, yang berkaitan dan ikut berperan dalam aspek kesehatan dan umur panjang. Apabila menguras tenaga dan bermandikan keringat di tempat gym  atau sesi sepedahan yang panjang adalah ibaratnya pemeran utama dalam sebuah film, maka kegiatan fisik yang tidak dijadwalkan dan direncanakan adalah seorang kru yang juga turut bekerja dibalik layar namun tidak pernah mendapatkan pujian atas pekerjaanya.

Melansir dari INVERSE, menurut satu perkiraan pada tahun 2004 yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology, kegiatan rutin – yang tidak kita anggap sebagai olahraga – adalah penyumbang sebagian besar dari pengeluaran energi kita sehari-hari. 15-50 persen kalori harian yang kita bakar itu berasal dari semua mondar-mandir, naik-turun tangga yang ada dirumah, memasak, mencari barang, bermain yang kita lakukan.

Kalori lainnya terbakar pada saat kita beristirahat atau tidur sebagai bagian dari “tingkat metabolisme basal” dan sebagian kecil lainnya digunakan untuk mencerna makanan. Dan pada orang yang pekerjaanya lebih banyak duduk sepanjang hari, tingkat metabolisme basal dapat mencapai 60 persen dari energi yang kita keluarkan karena tidak banyak energi yang dikeluarkan.

Latihan intensitas tinggi yang memacu detak jantung atau latihan beban memang penting. Namun ada pepatah di dunia kebugaran yang selalu benar mengenai latihan yang benar, yaitu: “latihan terbaik adalah latihan yang anda LAKUKAN.”

Sengaja melakukan lebih banyak gerakan dalam kegiatan sehari-hari dapat sangat bermanfaat bagi orang-orang yang enggan berolahraga, bekerja didepan komputer, dan lain-lain.

“Intinya orang harus perlu tetap aktif bergerak sepanjang hari dan yang terpenting berolahraga,” Remzi Satiroglu, mahasiwa Ph.D. di Universitas of Texas, Austin memberitahu INVERSE.

Berikut ini adalah contoh-contoh NEAT yang mampu mengikis lebih dari 100 kalori per jam yang tertulis di buku yang berjudul Move a Little, Lose a Lot:

  • Membersihkan gudang/garasi
  • Berbelanja
  • Menyapu atau mengepel lantai
  • Naik turun tangga
  • Mendorong kereta bayi
  • Bermain lempar tangkap dengan anjing peliharaan
  • Berkebun
  • Mencuci mobil atau motor
  • Bersepeda
  • Berjalan ke tempat kerja
  • Menari
  • Berenang
  • Melakukan kerja bakti atau kerja sukarela

Ayo mulai perbanyak NEAT di keseharian kita untuk tubuh lebih sehat dan mendapatkan umur panjang.

 

 

Related posts