7 Cara Agar Bisa Berhenti Merokok

Beritatrendmasakini.comGaya Hidup, Jakarta – Sudah banyak orang yang mengetahui pengaruh dari merokok. Termasuk pengaruh buat perokok pasif, yang harus ikut menanggung pengaruh buruk paparan asal rokok yang bukan disebabkan olehnya.

Maka dengan itu, mari berhenti merokok dari sekarang. Jika bukan sekarang ya kapan lagi? Atau masih terasa sulit untuk mulai berhenti merokok?

Kementerian Kesehatan memberikan 7 cara berhenti merokok yaitu:

1. Bulatkan prinsip

Nah jika sudah memiliki keinginan, maka lebih ditikatkan agar menjalankannya juga konsisten dan jika perlu diingat kembali alasan berhenti merokok.

2. Langsung berhenti merokok

Jika dirasa sulit, bisa juga dengan mengurangi batangan rokok perharinya loh, asal konsisten dalam pengurangannya.

3. Dilihat waktu dan situasi

Dilihat waktu dimana saja biasanya merokok, misalnya setelah makan bisa diganti dengan mengonsumsi buah atau bercengkrama dengan teman sebagai pengalihan dari rokok.

4. Dukungan dari keluarga

Jika ada niat, jangan lupa untuk meminta dukungan dari keluarga, dukungan dapat berupa teguran jika lupa dan menyarankan untuk menabung uang yang biasanya digunakan membeli rokok.

5. Menahan diri untuk menunda

Melakukan sesuatu jangan hanya setengah-setengah, ketika sudah berkeinginan kuat jangan ditunda. Jangan pernah berkata hari esok jika bisa melakukannya sekarang.

6. Berolahraga

Berolahraga dengan teratur baik bagi tubuh loh, terlebih dalam membersihkan sisa-sisa asap rokok yang tertinggal di dalam tubuh. Jika sudah berolahraga kan sayag jika merokok lagi, jadi bisa berhenti merokok.

7. Berkonsultasi dengan dokter

Konsultasi dibutuhkan, terutama jika sudah terkena tanda-tanda dampak karena asap rokok. Jika sudha seperti ini mau tidak mau harus berhenti, namun ingat harus melakukan konsultasi dengan dokter pakarnya.

By admin

RSS
Follow by Email