5 teknik meditasi yang simpel untuk meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik

BERITA TREND MASA KINI – Meskipun tidur menjadi pendukung penting bagi kesehatan kita, namun sering kali kita menyepelekan dan tidak menangani masalah atau kebiasaan kurang tidur dengan serius. Laporan menyatakan bahwa rata-rata orang dewasa membutuhkan lebih dari 7-9 jam tidur sehari. Namun, studi yang telah dilakukan di bidang ini menunjukkan permasalahan yang jelas bahwa mayoritas orang mengalami kurang tidur atau sulit tidur. Beberapa alasan mulai dari faktor biologis hingga pilihan gaya hidup menjadi penyebabnya.

Faktanya adalah bahwa kualitas tidur harusnya menjadi faktor yang lebih penting daripada jam tidur itu sendiri. Mungkin di sinilah pentingnya meditasi tidur. Meditasi diyakini memberi anda kondisi yang benar-benar tenang yang diperlukan oleh tubuh untuk melepas lelah dan tertidur lelap. Meditasi sebelum tidur akan melatih kita untuk lebih sadar akan momen saat ini dan mengurangi fokus pada detail lainnya. Latihan-latihan terpandu dan terperinci di bawah dipastikan dapat memicu bantuan tidur secara alami.

  1. Latihan Pernapasan

Menyesuaikan napas diyakini memiliki efek kuratif. Pakar kerja pernapasan merekomendasikan untuk mengambil napas panjang dan dalam. Pastikan pernapasan anda dibuat lebih lambat untuk relaksasi yang lebih baik. Ikuti ini dengan tiga atau dua hitungan sambil mengeluarkan napas dari hidung Anda.

Atau menggunakan rasio pernapasan 2:1:4:1. Menarik napas selama dua hitungan. Menahannya selama satu hitungan. Lanjutkan dengan menghembuskan napas perlahan dalam empat hitungan. Diakhiri dengan menahan nafas selama satu hitungan. Saat melakukan latihan pernapasan ini, jangan ragu untuk mengubahnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Kuncinya adalah mendengarkan tubuh anda dan mengerti apa yang terasa terbaik untukmu. Tidak perlu memaksakan diri. Ingatlah selalu bahwa anda harus melakukan apa yang membuat anda nyaman. Terlebih penting, jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai kombinasi sampai anda menemukan apa yang terbaik untuk Anda.

  1. Meditasi visualisasi

Memasukkan visualisasi ke dalam latihan meditasi anda bisa menjadi cara yang ampuh untuk memerangi kegelisahan dan stres. Ini melibatkan membayangkan gambar atau pemandangan yang menenangkan. Misalnya, duduk di tepi laut, berjalan di pegunungan dan lain-lain yang menenangkan dan menyenangkan.

Banyak ahli percaya bahwa efek visualisasi sangat mirip dengan kondisi mental yang ditimbulkan oleh hipnosis. Ini memperluas kemampuan anda untuk bersantai, mengurangi stres, dan membantu anda fokus. Jika anda seorang pemula, anda dapat mulai dari latihan cepat lima menit hingga selama yang anda mampu, sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Metode berhitung

Ketika tidur adalah tujuan akhir Anda, penting untuk menjadikan relaksasi sebagai sahabat Anda. Untuk memperlambat pikiran dan membebaskan anda dari pola pikir yang berulang, para ahli menyarankan berhitung sebagai cara yang baik. Ya, sesimpel menghitung mundur dari angka 10 ke 1. Kemudian lagi dan lagi sampai anda tertidur.

Metode ini sering disebut sebagai ‘menghitung domba’. Anda diminta untuk membayangkan serangkaian domba yang melompati pagar tanaman tanpa akhir. Aktivitas ini diduga menimbulkan kebosanan dengan menyibukkan pikiran dengan sesuatu yang bersiklus dan beraturan, sehingga menyebabkan tidur.

  1. Meditasi Pemindaian Tubuh

Jenis meditasi ini berpusat pada pemfokusan setiap bagian tubuh anda untuk meningkatkan kesadaran indera fisik anda. Tindakan ini diyakini dapat meredakan rasa sakit dan ketegangan. Saat anda berbaring dengan nyaman di tempat tidur, pastikan anda telah bebas dari setiap gangguan. Anda dapat memejamkan mata dengan lembut dan mengambil napas yang lebih dalam dan lebih terkontrol saat anda fokus pada berat badan anda. Ini bisa diikuti dengan melembutkan fitur wajah anda. Lanjutkan ke bawah tubuh Anda dan perhatikan baik-baik bagaimana setiap bagian tubuh anda merespons. Dengan cara ini, anda dapat “mematikan” bagian demi bagian pada tubuh anda.

  1. Meditasi reflesksi hari

Mengevaluasi hari yang telah anda lalui, jam demi jam, tindakan demi tindakan, adalah latihan lain yang disarankan untuk mengalihkan pikiran anda. Meninjau hari anda mulai dari saat terbangun hingga menit terakhir sebelum tidur adalah cara yang terbukti untuk menggerakkan proses “shut down”. Cobalah untuk mengingat detail sekecil apa pun dalam ingatan anda. Latihan ini katanya lebih optimal daripada latihan pernapasan atau visualisasi. Beberapa ahli menegaskan bahwa rasa syukur sebagai meditasi yang dapat membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Fokusnya harus diperluas untuk menyadari dan memberi penghargaan atas hal-hal baik yang terjadi pada anda hari itu. Setiap tindakan kebaikan dan cinta harus dihargai dan difokuskan.

Seperti kebanyakan teknik, kunci untuk menguasai tidur yang baik melalui latihan meditasi adalah tetap konsisten. Kembangkan pola dengan upaya dan praktik terbaik yang tidak berubah. Jangan memaksakan diri untuk melakukan segalanya dengan benar sejak hari pertama. Berikan waktu dan perlahan-lahan.

Ingatlah bahwa meskipun meditasi pasti dapat meningkatkan kualitas tidur anda, tapi itu bukan pengganti praktik tidur yang baik lainnya. Jadi selalu ciptakan kebiasaan sehat lainnya.

Related posts