slot39 slot1288

BERITA TREND MASA KINI – Berbicara mengenai pola pikir, masing-masing orang memiliki pola pikir yang memengaruhi cara mereka melihat dunia. Pola pikir satu orang dengan orang yang lain tidak semuanya sama. Pola pikir itu sendiri ada beberapa yang sehat dan beberapa ada juga yang tidak sehat.

Pola pikir yang sehat memungkinkan orang untuk semakin bertumbuh sepanjang hidup mereka. Pola pikir yang sehat mendukung orang untuk belajar tentang diri mereka sendiri dan mengendalikan kebahagiaan mereka sendiri.

Sementara pola pikir yang tidak sehat adalah faktor utama yang menjadi penghalang orang untuk menemukan jalan kesuksesan mereka dan mengarahkan mereka pada ketidakbahagiaan. Dan artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu pola pikir yang tidak sehat dan beberapa contoh-contohnya.

Pola pikir tidak sehat dapat diartikan sebagai keyakinan tentang hidup atau diri kita sendiri yang kita kembangkan dari keadaan yang tidak menguntungkan, seperti trauma, masalah masa kecil yang belum terselesaikan, dan kegagalan. Mereka memiliki kekuatan untuk menghancurkan hidup kita atau menahan kita dari menjalani kehidupan yang kita inginkan atau mencapai tujuan kita. Pola pikir ini akan terus ada dan tumbuh dalam diri kita jika kita tidak segera mengatasinya.

Berikut adalah 5 contoh pola pikir yang tidak sehat tersebut.

  1. Anda tidak cukup baik.

Kita pasti pernah mengalami situasi dimana kita benar-benar menginginkan sesuatu dan kita tidak mendapatkannya, meskipun sudah berusaha sedemikian rupa. Lalu kita mulai bertanya-tanya dimana letak kesalahannya dan mulai menyalahkan diri sendiri dan meyakini bahwa itu terjadi karena kita tidak cukup baik. Tentunya situasi semacam ini meninggalkan rasa sedih dan kekecewaan hingga menimbulkan rasa takut atau khawatir untuk terus mencoba karena kita tidak mau merasakan kekecewaan dan kesedihan yang sama lagi.

Sebenarnya, kita mungkin tidak cukup memenuhi syarat untuk pekerjaan yang kita inginkan atau kita mungkin bukan orang yang tepat untuk seseorang yang kita inginkan, tetapi itu tidak berarti kita tidak cukup baik.  Ada beberapa hal yang mungkin memang tidak dimaksudkan untuk menjadi milik kita atau untuk kita. Dan cara yang paling tepat untuk menanggapi situasi ini adalah melihatnya sebagai sebuah kesempatan untuk Anda mempersiapkan diri dan menjadi lebih baik, daripada melihatnya sebagai sebuah kegagalan total. Kuncinya adalah jangan biarkan pola pikir itu menghalangi Anda untuk terus berusaha dan mencoba.

  1. Semua orang meninggalkanku.

Pola pikir beracun umum lainnya adalah keyakinan bahwa setiap orang pada akhirnya akan meninggalkan Anda. Pola pikir seperti ini berkembang dari masalah pengabaian masa kanak-kanak atau kehilangan seseorang yang Anda sayangi. Dengan pola pikir ini Anda terkadang menyabotase hubungan Anda sendiri, Anda menjadi pribadi yang defensive, kesulitan untuk menaruh kepercayaan pada orang lain dan selalu merasa diabaikan dan ditinggalkan.

Kesadaran dan introspeksi diri dalam setiap hubungan yang Anda miliki sangat penting untuk menyembuhkan masalah pengabaian Anda dan menyingkirkan keyakinan bahwa setiap orang pada akhirnya akan meninggalkan Anda atau segalanya akan selalu berakhir buruk. Hubungan Anda dapat berakhir karena berbagai alasan.  Jangan biarkan keyakinan atau rasa tidak aman Anda sendiri yang membatasi hubungan itu atau menentukan ke mana arahnya.

  1. Anda harus berjuang untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Ungkapan populer seperti “tidak ada rasa sakit, tidak ada keuntungan” atau “hidup ini tidak adil” membuat kita terjebak dalam mode ‘berjuang keras’. Keyakinan ini mungkin terdengar bagus pada awalnya tetapi kenyataannya adalah racun, karena apa pun yang datang dengan mudah kepada kita membuat kita merasa seperti kita tidak pantas mendapatkannya karena kita tidak bekerja keras untuk itu. Mentalitas ini menghentikan kita dari bermimpi besar atau mengikuti hati atau hasrat kita karena kita dikondisikan untuk percaya bahwa kita harus bekerja keras dan berjuang untuk mendapatkan kehidupan yang kita inginkan, dan kita sering merasa bersalah jika kita menjalani kehidupan yang kurang sibuk atau stres.

Mode ‘berjuang keras’ ini bukan satu ukuran yang cocok untuk semua orang. Jadi jika Anda merasa atau menemukan bahagia dengan cara hidup Anda, bahkan jika Anda tidak bekerja terlalu keras atau Anda tidak selalu disibukkan dengan hal-hal yang harus dilakukan, maka itu yang terpenting. Bagaimana orang lain memandang hidup Anda bukanlah masalah Anda. Kita harus mulai percaya bahwa hal-hal baik bisa mudah dan tanpa harus berusaha mati-matian dan impian kita dapat dicapai tanpa rasa sakit atau perjuangan.

  1. Anda tidak bisa berhenti.

Mirip dengan poin sebelumnya, kita selalu dibombardir dengan pesan motivasi seperti “jangan berhenti sekarang, jangan menyerah, berhenti adalah untuk pecundang… dll.” tetapi terkadang berhenti adalah pilihan terbaik dan satu-satunya untuk Anda. Ini bukan berarti menyarankan Anda untuk tidak berjuang keras untuk apa yang Anda inginkan dan apa yang Anda cintai.

Sebagai contoh, ketika Anda tidak lagi memiliki energi atau motivasi untuk bangun setiap pagi dan pergi ke tempat kerja yang sebenarnya tidak Anda sukai, tidak apa-apa untuk berhenti. Tidak apa-apa untuk berhenti dari pekerjaan yang membuat Anda sengsara. Tidak apa-apa untuk berhenti dari hubungan yang telah menyakiti Anda. Tergantung pada situasi Anda, terkadang bertahan lebih beracun daripada berhenti.

  1. Anda harus menjadi orang yang baik hati selalu

Menjadi orang yang baik hati adalah cara kebanyakan dari kita dibesarkan, tapi sejujurnya itu bisa sangat beracun dalam beberapa situasi dan terutama dengan beberapa orang yang melewati batas dan meracuni hidup kita. Memutuskan hubungan dengan teman atau pasangan yang terus-menerus tidak menghormati Anda atau yang terus-menerus membawa drama dan masalah ke dalam hidup Anda adalah satu-satunya hal yang sehat untuk dilakukan. Menjadi orang yang baik hati dalam situasi ini hanya akan mengundang lebih banyak toksisitas dan keadaan yang lebih tidak menguntungkan.

Berempati, baik hati, dan pemaaf dalam beberapa kasus juga penting, tetapi Anda harus memiliki Batasan yang jelas dengan orang-orang yang sebenarnya tidak pantas menererimanya atau orang-orang yang hanya membuat hidup Anda lebih sulit.

By admin

RSS
Follow by Email