5 Penyebab Langit Mulut Terasa Gatal

5 Penyebab Langit Mulut Terasa Gatal

Berita Trend Masa Kini — Masalah kesehatan yang terjadi di mulut bukan sekadar gusi bengkak atau sariawan semata. Namun pada kenyataanya ada masalah kesehatan lain yaitu langit-langit mulut terasa gatal. Berikut penyebab langit mulut terasa gatal.

Mengutip Healthline, salah satu cara utama untuk membantu mengidentifikasi mengapa langit mulut Anda gatal adalah dengan memperhatikan gejala lain (jika ada) yang Anda alami pada saat yang bersamaan. Misalnya, Anda mungkin juga mengalami sensasi terbakar, gatal,di bagian lain mulut lain, pembengkakan bibir atau lidah, mata berair, bersin, atau batuk kering.

Berikut penyebab langit mulut terasa gatal:

1. Oral Allergy Syndrome

Jika juga merasakan gejala tersebut, bisa jadi ini menjadi indikasi Anda mengalami alergi ringan yang kerap disebut sebagai oral allergy syndrome.

The American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology, the AAAAI mendefinisikannya sebagai sindrom alergi oral atau jenis reaksi alergi setelah kontak dengan buah atau sayuran mentah.

“Gejala utamanya adalah gatal dan bengkak pada mulut, wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan. Ini karena reaktivitas silang dengan serbuk sari. Sindrom alergi oral terkadang disebut sindrom buah serbuk sari karena alasan ini,” kata pediatrik Cynthia Gellener dikutip dari laman Health University of Utah.

Meskipun alergi ringan ini tak mengancam nyawa, namun harus disadari bahwa langit-langit mulut dan tenggorokan yang gatal bisa menjadi tanda awal anafilaksis yang bisa menjadi reaksi alergi parah dan berbahaya. Terutama jika dikombinasi dengan gejala kesehatan seperti bengkak, gatal-gatal, sesak di tenggorokan, kesulitan bernapas, suara serak, mual, muntah, diare, pingsan, pusing, atau detak jantung cepat.

2. Infeksi jamur

Jika mulut Anda gatal secara teratur, Anda mungkin mengalami infeksi jamur di mulut Anda, atau dikenal sebagai sariawan. Ini adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih Candida albicans di jaringan mulut Anda. Bercak sariawan mungkin muncul di lidah Anda, bagian dalam pipi, amandel, gusi, atau langit-langit mulut Anda.

3. Kecemasan

Mengutip berbagai sumber, kecemasan juga bisa menjadi penyebab langit mulut terasa gatal. Meskipun jarang, namun pada beberapa orang hal ini bisa menyebabkan sensasi gatal atau terbakar pada area langit mulut dan bibir.

4. Infeksi virus

Beberapa jenis virus bisa menyebabkan sensasi gatal atau terbakar pada mulut, termasuk di bagian mulut atas dan pernapasan atas.

5. Lepuh (cold sores)

Ini disebabkan oleh jenis virus herpes tertentu. Gejalanya akan menyebabkan reaksi gatal, terbakar, atau seperti ditusuk jarum ketika mulai berkembang. Cold sores juga menjadi salah satu penyebab langit mulut terasa gatal.

Related posts