5 Manfaat Mengesankan Sayur Kubis untuk Kesehatan

Berita Trend Masa Kini — Sayur kubis sering kali diabaikan padahal memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan. Berikut ragam manfaat sayur kubis untuk kesehatan.

Meskipun terlihat sangat mirip selada, sebenarnya sayuran ini termasuk dalam genus tanaman Brassica, yang meliputi brokoli, kembang kol, dan kangkung.

Kubis memiliki beragam bentuk dan warna, termasuk merah, ungu, putih, dan hijau, serta daunnya yang bisa berkerut atau halus.

Sayuran ini telah ditanam di seluruh dunia selama ribuan tahun dan dapat ditemukan di berbagai hidangan, termasuk sauerkraut, kimchi, dan coleslaw.

Tak hanya itu, kubis juga memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral. Hal itu membuatnya tepat dikonsumsi sebagai penjaga kesehatan tubuh.

Berikut manfaat sayur kubis dirangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan imun atau kekebalan tubuh

Tubuh bisa merasakan manfaat sayur kubis lewat olahan sauerkraut dan kimchi.

Sauerkraut atau kol asam merupakan hidangan khas Jerman. Terbuat dari potongan kol yang diiris halus, hidangan ini bisa disimpan agak lama karena difermentasi dengan beragam bakteri asam laktat seperti Leuconostoc,Lactobacillus, dan Pediococcus.

Sedangkan kimchi adalah hidangan dari Korea. Sayur diberi bumbu pedas yang terdiri dari udang, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah.

Keduanya sama-sama mengandung probiotik sehingga baik untuk sistem imun tubuh dan pencernaan. Enzim yang diproduksi mikroba selama fermentasi membuat vitamin dan mineral mudah diserap tubuh.

2. Membantu kesehatan jantung

Kubis merah bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kubis merah kaya akan anthocyanin, komponen yang berkontribusi pada warna merah dan berhubungan dengan risiko penyakit jantung.

Asupan anthocyanin yang tinggi mencegah serangan jantung pada perempuan.

Sebagaimana dikutip Medical News Today, komponen ini bermanfaat untuk menekan inflamasi yang mengarah pada penyakit kardiovaskular.

4. Bantu turunkan berat badan

Bagi mereka yang tengah menjalankan program penurunan berat badan, kubis bisa jadi salah satu pilihan. Kubis mengandung serat yang tinggi. Dari secangkir kubis mentah, terdapat 2 gram serat.

Selain dengan sayur kubis, asupan harian bisa ditopang dengan buah, sayur lain, beras merah, daging ayam, dan daging sapi.

3. Asupan sehat buat otak

Sayur kubis bisa menyediakan nutrisi penting untuk otak lantaran kandungan vitamin K. Dilansir dari Healthline, dalam satu cangkir (89 gram), kubis hijau mentah mengandung 85 persen vitamin K.

Vitamin K pada kubis termasuk dalam jenis vitamin K1 (phylloquinone). Vitamin larut lemak ini bermanfaat untuk fungsi mental dan konsentrasi.

Perpaduan dengan anthocyanin pada kubis merah akan mencegah kerusakan saraf serta meningkatkan pertahanan terhadap penyakit Alzheimer dan demensia.

5. Meningkatkan kesehatan penglihatan

Kandungan lutein pada sayur kubis berkontribusi pada kesehatan penglihatan. Lutein bersama dengan komponen antioksidan lain memproteksi retina dan lensa mata dari sinar ultraviolet.

Selain itu, vitamin C pada kubis bermanfaat untuk mengatasi masalah penglihatan. Vitamin C bisa membantu regenerasi vitamin E di dalam mata.

Setelah mengetahui 5 manfaat sayur kubis untuk kesehatan, kini mungkin Anda bisa menambah sayuran tersebut sebagai opsi menu harian.

By admin

RSS
Follow by Email