5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tak Disimpan di Kulkas

Berita Trend Masa Kini — Sebagian besar orang meyakini bahwa cara terbaik untuk membuat makanan bertahan lebih lama adalah dengan menyimpannya di lemari es atau kulkas.

Faktanya, ada beberapa jenis makanan yang justru akan lebih cepat rusak, kehilangan rasa dan teksturnya, atau menjadi hitam, jika disimpan di kulkas.

Berikut lima jenis makanan yang sebaiknya tak disimpan di kulkas, sebagaimana dilansir Independent.

1. Tomat

6 Manfaat Luar Biasa Buah Tomat, dari Cegah Kanker hingga Depresi -  Tribunnewswiki.com Mobile

 

Memasukkan tomat ke dalam lemari es akan mencegahnya matang dan mematikan rasanya.

Menurut Mercola, menempatkan tomat di lemari es mengubah struktur kimianya dan mengurangi jumlah senyawa volatil dalam buah, yang memengaruhi rasanya.

Tekstur dan warna tomat juga dapat dipengaruhi oleh suhu dingin dan “luka dingin” yang disebabkan olh suhu di bawah 5 derajat celsius dapat membuat buah cepat lunak dan berlubang di permukaannya.

2. Kentang

Ilustrasi Kentang

Kentang telah menjadi sayuran potensial karena kandungan pati yang tinggi dan air yang rendah

Kentang perlu disimpan di tempat yang sejuk dan kering, baik di dalam kertas atau kantong berlubang agar tetap kering – tetapi tidak di lemari es.

Menyimpannya di lemari es dapat mengubah pati kentang menjadi gula, yang akan memengaruhi teksturnya dan menyebabkannya berubah warna serta terasa manis setelah dimasak.

3. Bawang

Selain Gurih, Manfaat Bawang Merah Juga Banyak - Alodokter

Menurut National Onion Association, satu-satunya kondisi bahwa bawang merah atau bombay harus dimasukkan ke dalam lemari es adalah jika bawang tersebut telah dikupas atau dipotong sebelumnya.

Bawang merah atau bombay seharusnya disimpan dalam pengaturan kelembaban rendah agar tetap kering. Bawang yang telah dipotong dapat disimpan dalam wadah tertutup hingga tujuh hari.

Sementara Menempatkan bawang putih di lemari es atau kantong plastik bisa membuatnya berjamur.

Cara terbaik untuk menyimpan bawang putih, menurut How Stuff Works, adalah menyimpannya pada suhu kamar di tempat yang kering dan gelap yang memiliki sirkulasi udara yang cukup, dengan sedikit cahaya untuk menghindari umbi bertunas.

4. Roti

Gak Cuma Selai, Kamu Bisa Coba Isian Roti Berikut! | Indozone.id

Menurut Seriouseat, kulkas sangat buruk untuk roti. Meskipun membekukan roti bisa sangat menghambat proses yang membuat roti basi, tapi memasukkan roti ke dalam lemari es akan mempercepat prosesnya.

Pada dasarnya, suhu dingin menyebabkan pati mengkristal jauh lebih cepat daripada suhu ruangan, mempercepat proses yang membuat roti keras dan basi.

5. Pisang

Ilustrasi Pisang Kembar

Menempatkan pisang matang di lemari es akan membantunya tetap matang selama beberapa hari.

Namun, jika Anda memasukkannya saat masih agak hijau dan keras, maka pisang tidak akan matang sama sekali, bahkan setelah mengeluarkannya dari lemari es. Buruknya lagi, kulit pisang itu akan menjadi hitam.

Pisang adalah buah tropis dan tidak memiliki pertahanan alami terhadap dingin di dinding selnya.

Menurut A Moment of Science, ini akan membuatnya pecah oleh suhu dingin, menyebabkan enzim pencernaan buah bocor keluar dari sel, yang menyebabkan kulit pisang menjadi hitam sepenuhnya.

By admin

RSS
Follow by Email