Gempa 6,8 SR Di Turki Melukai 1000 Orang

Beritatrendmasakini.com – Gempa 6,8 SR di Turki Timur telah menewaskan setidaknya 20 jiwa dan menyebabkan bangunan runtuh. Ini membuat banyak orang terperangkap di bawah puing-puing. Gempa ini berpusat di provinsi Elazig dan terasa sampai Tel Aviv, Israel.

Gempa itu melanda dekat kota Sivrice. Tetapi, dirasakan di negara-negara tetangga lainnya termasuk Georgia, Suriah, Armenia, dan Lebanon. Kedalamannya diukur pada 10 km oleh EMSC. Itu cukup keras untuk mengirim orang berlari keluar untuk mencari keselamatan.

Pihak berwenang di Turki melaporkan bahwa lebih dari 1.000 orang telah terluka. Kematian pun mencapai angka 20, 13 diantaranya terjadi di Elazig, 4 di Malatya, dan dua lainnya di tempat lain. Korban tewas dan cedera terus naik sepanjang hari sejak laporan awal.

Sekitar 170 ambulance dan helicopter telah dikirim ke kedua provinsi Turki untuk membantu yang terluka.

Getaran awal diikuti oleh serangkaian gempa susulan. Memuncak pada bearan 5,4 SR dan 5,1 SR, menurut Presidensi Manajemen Bencana dan Darurat Turki.

Sekitar 10 bangunan runtuh di Sivrice, menurut laporan media setempat. Pekerja darurat sekarang sedang mencari sekitar 30 orang yang terjebak di bawah puing-puing. Kota ini memiliki populasi sekitar 4.000 orang.

Satu video yang diposting ke Twitter menunjukkan acara berita sedang berlangsung ketika perlengkapan studio mulai bergetar hebat. Video lain menunjukkan orang-orang yang berteriak dan berebutan pusing-puing dari bangunan yang runtuh. Dan sebagian runtuh.

Related posts