Alpukat Bisa Mengusir Kolesterol Jahat Lho!

Berita Trend Masa Kini – Sebagian besar dari kita tidak membutuhkan banyak alasan untuk memasukkan lebih banyak alpukat ke dalam makanan kita. Baik itu roti bakar alpukat pagi hari atau guacamole siap pesta, alpukat merupakan tambahan yang sangat lezat untuk makanan dan cemilan. Tetapi bagaimana jika manfaatnya bisa melampaui rasa?

Baru-baru ini, para peneliti di Penn State tertarik dengan manfaat kesehatan dari alpukat, tetapi menemukan bahwa ada kurangnya penelitian untuk mendukung klaim ini. Menurut penelitian, buah alpukat kaya akan kandungan mono asam lemak tak jenuh. Ini juga merupakan sumber antioksidan dan polifenol yang sangat tinggi.

Antioksidan dalam alpukat menarik perhatian mereka karena ini dapat memengaruhi kolesterol “jahat” yang menyebabkan penyakit jantung. Bingung soal perbedaan jenis kolesterol? Menurut para peneliti dari penelitian ini, kolesterol “jahat” dapat merujuk pada lipoprotein densitas rendah (LDL) yang teroksidasi dan partikel LDL kecil yang padat. Kolesterol “baik” mengacu pada high-density lipoprotein (HDL).

Studi pemberian makanan secara acak dan terkontrol dilakukan selama lima minggu dengan 45 pria dan wanita, berusia 21-70 tahun. Semua peserta kelebihan berat badan atau obesitas dan mengalami peningkatan kadar LDL. Para peserta diberi makan satu dari tiga diet penurun kolesterol: satu diet rendah lemak dengan 24 persen kalori dari lemak, dan dua diet sedang dengan 36 persen kalori dari lemak. Salah satu diet lemak moderat termasuk satu alpukat Hass berukuran rata-rata per hari (sekitar 136 gram) sebagai bagian dari 36 persen itu.

Baca Juga: ISIS Merilis Video 11 Eksekusi Pria Kristen Di Nigeria

Studi ini menemukan bahwa memasukkan satu alpukat per hari sebagai bagian dari diet sehat dan lemak sedang menurunkan kadar LDL teroksidasi. Partikel LDL sangat rentan terhadap oksidasi, yang dapat menyebabkan tingkat penumpukan plak yang lebih tinggi dari normal di dinding arteri. Juga, tingkat oksidasi LDL berkorelasi dengan jumlah partikel LDL padat kecil, yang diperkirakan masuk ke arteri Anda lebih mudah dan menumpuk di plak. Jadi, konsumsi alpukat mungkin memiliki manfaat terkait dengan kedua jenis kolesterol  jahat.

Penyakit jantung tetap menjadi penyebab utama kematian di Amerika Serikat, dan menurunkan penumpukan plak (aterosklerosis) dapat memainkan peran besar dalam mengurangi penyakit kardiovaskular. Tetapi apakah terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Kami bertanya Edward Fisher, MD, PhD, MPH, anggota dari Pusat Pencegahan Penyakit Kardiovaskular di NYU School of Medicine untuk komentarnya pada penelitian ini.

Dia juga menambahkan pengingat untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi buah ini. Pasalnya, satu buah tersebut mengandung 230 kalori. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa menyebabkan bertambahnya berat badan.

Intinya adalah bahwa mulai atau terus memasukkan alpukat dalam diet harian Anda adalah cara yang lezat untuk meningkatkan asupan lemak sehat dan berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung. Tetapi, seperti kebanyakan hal, moderasi adalah kunci di sini.

Penasaran bagaimana cara memasukkan alpukat per hari ke dalam makanan Anda? 136 gram alpukat setara dengan dua pertiga secangkir guacamole, dua potong roti panggang alpukat, atau sekumpulan avocado chocolate truffle. Anda bisa mendapatkan dosis harian sekaligus, atau menyebarkannya sepanjang hari. Beberapa irisan buah ini dengan telur Anda di pagi hari, sisi guacamole dan crudité dengan makan siang Anda, dan chocolate avocado mousse untuk hidangan penutup. Siapa yang tahu bahwa kesehatan jantung bisa begitu lezat?

Related posts