Anak Kecil Saja Memiliki Rasa Empati, Kamu Gimana?

Beritatrendmasakini.com – Video yang sudah tersebar ini sudah sangat viral belakangan. Video ini menunjukkan bagaimana perasaan anak-anak. Bagaimana mereka berinteraksi, bagaimana reaksi mereka atas suatu kejadian. Suatu rasa yang disebut empati yang terkadang tidak kita rasakan terhadap orang lain.

Anak-anak yang tidak mengerti apa-apa. Penuh rasa cinta terhadap siapa pun itu: teman, saudara, bahkan orang tak dikenal.

Sebenarnya kita sebagai orang dewasa bisa melihat dari anak-anak ini. Di video ini terlihat bahwa ketika anak perempuan ini sedih karena bolanya di rebut, anak laki-laki tersebut langsung menghampirinya. Menghibur anak perempuan tersebut dengan cara memeluknya dan juga menciumnya.

Berbagi kasih. Itu lah yang harus kita terapkan di kehidupan kita sehari-hari. Memang, pengalaman hidup orang berbeda-beda. Beberapa memiliki pengalaman yang sangat pahit sehingga ia tidak merasakan adanya kasih di dalam hatinya.

Namun, bisa dibayangkan bagaimana indahnya dunia ini jika semua orang memiliki rasa empati seperti anak ini.

Empati. Empati menjadi sangat langka di dunia. Memang masih banyak yang memiliki rasa itu di kehidupan ini. Namun, yang tidak memiliki empati juga tidak kalah jumlahnya.

Tidak perlu membahas sampai society. Semua berawal dari keluarga. Sering kali kita jumpai kasus-kasus dimana seorang ibu membuang bayinya di sungai, di tong sampah. Seorang ayah yang memukuli anaknya sampai nyawa menjadi taruhannya. Orang tua yang menjual anak.

Apa mereka tidak merasakan adanya kasih sayang di dalam hati mereka? Empati… apakah mereka memiliki rasa itu dalam relung hatinya? Hanya mereka yang tahu.

Video ini menjadi pembelajaran hidup yang baru. Sebenarnya, banyak sekali yang bisa kita ambil dari interaksi anak-anak. Seperti contoh, mereka berteman dengan siapapun tanpa memandang ras, warna kulit, status sosial, dan lain sebagainya.

Related posts