5 Manfaat Konsumsi Teh Chamomile

Beritatrendmasakini.com – Teh chamomile telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai masalah kesehatan. Saat ini, para peneliti semakin mengeksplorasi efektivitasnya dalam mengelola penyakit, termasuk kanker dan diabetes.

Sejauh ini, penelitian tentang potensi teh chamomile telah menunjukkan harapan. Namun, penelitian bervariasi dengan beberapa penelitian membuktikan manfaat yang jelas dibandingkan dengan pengobatan alternatif, dan yang lainnya hanya menunjukkan yang mungkin.

Bagi kebanyakan orang, minuman ini aman untuk dicoba sebagai suplemen untuk perawatan lain, tetapi teh ini tidak boleh menggantikan perawatan medis umum ketika orang memiliki penyakit serius.

Potensi berbagai teh chamomile bervariasi, dengan beberapa mengandung chamomile secara signifikan lebih dari yang lain. Teh yang lebih kuat juga lebih cenderung menyebabkan efek samping pada orang yang rentan terhadapnya. Akibatnya, paling aman untuk memulai dengan dosis rendah dan bekerja sampai dosis yang lebih besar secara perlahan.

Chamomile mengandung bahan kimia yang disebut flavonoid. Flavonoid ini adalah jenis nutrisi yang ada di banyak tanaman, dan mereka memainkan peran penting dalam efek obat chamomile.

5 Manfaat Teh Chamomile

1. Mengurangi nyeri haid

Beberapa penelitian telah mengaitkan teh chamomile dengan penurunan keparahan kram menstruasi. Sebuah studi 2010, misalnya, menemukan bahwa mengonsumsi teh ini selama sebulan dapat mengurangi rasa sakit kram menstruasi. Wanita dalam penelitian ini juga melaporkan lebih sedikit kecemasan dan kesulitan yang terkait dengan nyeri haid.

2. Mengobati diabetes dan menurunkan gula darah

Sekali lagi, beberapa penelitian telah menemukan bahwa teh chamomile dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa chamomile adalah suplemen yang bermanfaat untuk pengobatan diabetes.

Demikian pula, sebuah penelitian pada 2008 terhadap tikus menemukan bahwa konsumsi teh chamomile yang konsisten dapat mencegah peningkatan gula darah. Efek ini mengurangi risiko jangka panjang komplikasi diabetes, menunjukkan bahwa chamomile dapat meningkatkan hasil diabetes.

3. Memperlambat atau mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah hilangnya kepadatan tulang secara progresif. Kehilangan ini meningkatkan risiko patah tulang dan postur bungkuk. Sementara siapa pun dapat menderita osteoporosis, ini paling umum di antara wanita pasca-menopause. Kecenderungan ini mungkin disebabkan oleh efek estrogen.

Sebuah studi menemukan bahwa teh ini Manfaat Konsumsi Teh Chamomilemungkin memiliki efek anti-estrogenik. Ini juga membantu meningkatkan kepadatan tulang, tetapi penulis penelitian mengingatkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan manfaat nyata ini.

4. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Senyawa kimia yang dikandung di teh chamomile dapat mengurangi peradangan. Sumber terpercaya. Namun, peradangan jangka panjang terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk wasir, sakit pencernaan, radang sendi, gangguan autoimun, dan bahkan depresi.

5. Perawatan dan pencegahan kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh chamomile dapat menargetkan sel-sel kanker, atau bahkan mencegah sel-sel tersebut berkembang. Namun, penelitian sejauh ini tidak dapat disimpulkan, dan para ilmuwan mengatakan lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk membuktikan klaim anti-kanker chamomile. Juga, sebagian besar penelitian telah melihat model klinis pada hewan, bukan manusia.

Sebuah studi tahun 2012 membandingkan kekuatan melawan kanker dari teh marigold dan chamomile. Keduanya mampu menargetkan tumor kanker secara selektif, tetapi efek dari teh marigold lebih kuat.

Related posts