slot39 slot1288

BERITA TREND MASA KINI –¬†Sodium bikarbonat yang juga disebut baking soda atau soda kue sebenarnya adalah sejenis garam. Soda kue telah digunakan orang selama ribuan tahun. Orang Mesir kuno menggunakan soda kue untuk membersihkan gigi dan membuat cat untuk menulis. Pada tahun 1830-an, pembuat roti di New York mulai menambahkan soda kue dan susu asam ke dalam adonan untuk membuat roti.

Soda kue memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia sehari-hari dan harganya pun murah. Berikut adalah beberapa kegunaan atau manfaat soda kue selain untuk membuat kue yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

  1.  Pemadam kebakaran kecil di dapur

Bukan berarti Anda tidak perlu menyimpan tabung pemadam kebakaran darurat di rumah. Memiliki tabung pemdam kebakaran di rumah adalah sesuatu yang krusial. Namun dalam keadaan genting, Anda bisa menggunakan soda kue untuk memadamkan kebakaran kecil atau kebakaran listrik yang terjadi di dapur Anda dengan sekotak soda kue. Ingat! bukan air, karena air menyebabkan api minyak memercik dan menyebar. Sebaliknya, sekotak Arm & Hammer atau apapun merk soda kue Anda dipercaya melepaskan karbon dioksida saat dipanaskan, yang dapat memadamkan api. Lempar segenggam di dasar api untuk hasil terbaik.

2. Meredakan gatal dan kemerahan akibat gigitan nyamuk

Menurut MedicineNet, soda kue dapat meredakan rasa gatal, perih, dan kemerahan yang tdiakibatkan gigitan nyamuk. Campurkan satu sendok makan soda kue dengan air secukupnya untuk membuat pasta, oleskan pada gigitan dan diamkan selama 10 menit sebelum dicuci bersih.

3. Pembasmi pestisida

Dari hasil Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry terungkap bahwa soda kue lebih efektif daripada pemutih dalam menghilangkan residu pestisida pada apel. Untuk menghilangkan bahan kimia sintetis dari produk Anda secara alami, tambahkan satu sendok makan soda kue ke dalam semangkuk besar air (dan jus lemon, jika diinginkan) dan biarkan produk terendam selama 10-15 menit sebelum dibilas. (Catatan: Cara ini hanya akan menghilangkan pestisida dari kulit, bukan dari bagian dalam buah atau sayuran.)

4. Menyempurnakan masakan berbahan daging giling

Jika Anda ingin daging giling Anda menjadi kecokelatan dan tetap empuk tanpa berenang di genangan jus cokelatnya yang tidak sedap dipandang? Ini adalah trik rahasia yang dilakukan oleh banyak koki, yakni menambahkan soda kue ke daging giling. Ini karena, soda kue meningkatkan pH daging, mencegah ikatan protein secara berlebihan (dan dengan demikian memeras air) sehingga daging giling terlihat bagus dan teksturnya lembut, dan mencegah genangan cairan itu terbentuk.

5. Membersihkan panci, wajan, meja dapur, dan oven

Soda kue bersifat abrasif ringan, yang membuatnya menjadi pembersi perlengkapan dapur yang tidak akan menguras isi dompet Anda. Bentuknya yang menyerupai Scrub tidak hanya bekerja untuk mengangkat lemak, kerak dan sisa makanan di panci, wajan, dan piring, menurut Healthline, bila soda kue dicampur dengan asam seperti jus lemon atau cuka, itu juga dapat membantu mengendalikan pertumbuhan mikroorganisme berbahaya, seperti jamur atau bakteri.

Soda kue juga melepaskan karbon dioksida dalam bentuk gelembung, yang dapat membantu mengikis kotoran. Campur soda kue dengan air dan jus lemon atau cuka untuk membuat pasta gosok yang dapat dioleskan di mana saja mulai dari meja dapur dan cangkir kopi bernoda hingga perak yang ternoda dan dinding oven yang kotor.

6. Pembasmi bau tidak sedap

Soda kue mampu menyerap bau. Letakkan sekotak soda kue yang terbuka di dalam lemari es Anda, itu aman dan akan menyerap bau tidak sedap. Taburkan di bagian bawah tong sampah kotor, sol sepatu kets Anda yang bau, di dalam tas olahraga atau bagian rumah lainnya yang biasanya mengeluarkan bau. Anda juga bisa merendam permadani atau karpet berbau kurang segar dengan menambahkan soda kue secukupnya dan diamkan selama satu jam (atau semalaman) dan bersihkan dengan penyedot debu.

7. Meringankan ruam popok

Saat si kecil mengalami gatal, pantat merah, biarkan sifat anti-jamur dan anti-mikroba dari soda kue meredakan ketidaknyamanannya. Anda bisa membuat pasta dari 2 sendok makan soda kue yang dicampur dengan satu sendok makan air (cukup untuk sekali pakai saja karena cepat kering). Atau dinginkan pipi mereka yang teriritasi dengan memasukkan beberapa sendok makan hingga setengah cangkir soda kue ke dalam air mandinya. Alkalinitas soda kue bekerja ekstra jika ruam disebabkan oleh “kotoran asam” karena makanan tertentu.

8. Mengontrol kulit kepala berminyak

Jika kelenjar minyak Anda cenderung berlebih pada folikel rambut Anda, pertimbangkan untuk mengganti bahan kimia sampo yang dibeli di toko dengan bahan kimia alami soda kue. Soda kue bila dicampur dengan air dan ditambah minyak esensial pilihan Anda akan menyerap minyak berlebih dan membuat rambut Anda bersih sepenuhnya. Karena soda kue mengandung abrasif alami yang ringan, ini bekerja paling baik untuk jenis rambut berminyak. Penggunaannya pada rambut kering akan membuatnya lebih kering.

9. Buat deodoran Anda sendiri

Kekuatan anti-bau soda kue tidak hanya berkaitan dengan rumah, itu juga bisa bekerja pada tubuh Anda. Buat deodoran Anda sendiri dengan mengocok terlebih dahulu 4 sendok makan soda kue dengan 4 sendok makan tepung jagung yang berfungsi untuk melembabkan. Hancurkan dalam 4-6 sendok makan minyak kelapa atau shea butter dan minyak esensial opsional. Poin bonus jika Anda memiliki tabung deodoran kosong yang dapat Anda gunakan untuk memakainya. Jika tidak ada, wadah penyimpanan plastik kecil bisa Anda gunakan. Namun perhatikan, minyak kelapa yang terlalu banyak dapat menyebabkan deodoran mudah meleleh, jadi simpanlah di tempat yang sejuk.

10. Buat penyegar ruangan Anda sendiri

Campurkan 2 gelas air dengan satu sendok makan soda kue dan minyak esensial favorit Anda lalu simpan dalam botol semprot. Semprotkan seperlunya di kamar mandi, dapur, kamar tidur, atau sofa Anda sebagai alternatif yang lebih alami dan ringan dari aroma penyegar udara komersial yang terkadang menyengat.

By admin

RSS
Follow by Email