BERITA TREND MASA KINI – Bagaimana Anda tahu jika rasa sakit yang Anda rasakan hanyalah rasa sakit biasa atau sesuatu yang jauh lebih serius yang memerlukan perhatian medis? Terkadang karena keterbatasan pengetahuan, kita sering kesulitan atau bahkan salah dalam mengidentifikasi rasa sakit tersebut. Mengabaikan jenis rasa sakit tertentu dapat menimbulkan konsekuensi yang mengerikan.

Rasa sakit atau nyeri yang serius dan berpotensi mengancam jiwa biasanya intens, datang secara tiba-tiba, dan dikaitkan dengan sejumlah gejala dan tanda lainnya. Berikut adalah gejala sakit atau nyeri yang membutuhkan perhatian segera.

  1. Sakit kepala amat sangat yang timbul dengan cepat.

Jika rasa sakit di kepala Anda terjadi tiba-tiba dan sangat parah, Anda bisa mengalami aneurisma otak, tonjolan di dinding arteri. Jika tidak diobati, pembuluh darah bisa pecah, menyebabkan stroke yang berpotensi fatal atau pendarahan otak besar-besaran. Panggil ambulans segera.

2. sakit gigi saat minum sesuatu yang dingin

Jika enamel (lapisan luar gigi Anda) rusak atau membusuk, saraf di dalam gigi Anda dapat terpapar, menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan saat area tersebut bersentuhan dengan zat dingin atau panas. Selain sensitivitas, saraf yang terbuka juga membuat Anda berisiko terkena infeksi bakteri yang dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda. Temui dokter gigi Anda jika Anda mulai mengalami sensitivitas gigi yang ekstrim.

3. Nyeri melalui tangan, pergelangan tangan, dan lengan bawah

Jika rasa sakit atau mati rasa mempengaruhi jari-jari Anda (terutama ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah), telapak tangan dan pergelangan tangan dan menyebar ke lengan bawah, Anda mungkin mengalami carpal tunnel syndrome. Jika tidak diobati, otot tangan bisa menyusut dan Anda bahkan bisa kehilangan fungsi tangan Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda sesegera mungkin untuk pilihan pengobatan.

4. Rasa sakit yang menyebar di dada Anda.

Nyeri dada adalah tanda klasik serangan jantung, yang disebabkan oleh kurangnya oksigen yang mencapai jantung Anda. Rasa sakit juga bisa bergerak ke arah rahang, bahu, atau leher Anda. Panggil ambulans segera.

5.Nyeri di punggung tengah.

Jika rasa sakit semakin memburuk dan disertai dengan demam dan mual, Anda mungkin mengalami infeksi ginjal. Temui dokter Anda sesegera mungkin. Infeksi dapat menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal, keracunan darah, atau gagal ginjal total.

6. Nyeri yang dimulai di punggung bawah dan menjalar ke kaki.

Jenis nyeri ini umumnya merupakan tanda linu panggul, yang disebabkan oleh cedera atau tekanan pada saraf linu panggul. Bicaralah dengan dokter Anda tentang penanganan nyeri dan pilihan pengobatan. Jika ada juga kelemahan pada kaki Anda, kehilangan sensasi kandung kemih, atau inkontinensia urin baru, Anda mungkin mengalami sindrom cauda equina, kelainan langka yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.

7. Nyeri di perut kanan bawah.

Jika Anda juga mengalami demam, mual dan/atau muntah, Anda mungkin mengalami radang usus buntu. Apendiks yang pecah dapat menyebabkan infeksi yang berpotensi mengancam nyawa. Kunjungi dokter Anda, yang mungkin mengirim Anda ke rumah sakit untuk operasi.

8. Nyeri di panggul atau perut.

Kram menstruasi adalah hal yang normal bagi banyak wanita. Jika terus memburuk atau tidak kunjung sembuh, Anda mungkin menderita endometriosis, suatu kondisi di mana jaringan yang seharusnya tumbuh di dalam rahim mulai tumbuh di luar rahim. Kunjungi Ob-Gyn Anda untuk mendapatkan diagnosis. Tidak melakukannya meningkatkan risiko infertilitas.

9. Nyeri pegal atau kram di kaki.

Jika nyeri disertai kemerahan, panas, dan bengkak, Anda mungkin mengalami pembekuan darah yang dikenal sebagai deep-vein thrombosis (DVT). Kunjungi dokter Anda, yang akan menyarankan agar Anda melakukan USG. JANGAN memijat area yang sakit, karena ini dapat menyebabkan bekuan darah berpindah ke jantung atau paru-paru.

10. Kesemutan terus-menerus di kaki Anda

Jika kaki Anda mati rasa, terbakar, atau kesemutan, Anda bisa mengalami kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes. Anda bahkan mungkin kehilangan semua rasa di kaki Anda. Kunjungi dokter Anda, yang akan mengirim Anda untuk tes glukosa darah. Anggota tubuh yang terkena mungkin perlu diamputasi jika kerusakannya cukup parah.

11. Buang Air Kecil yang Menyakitkan

Tidak ada ruang untuk ambiguitas di sini: Jika Anda mengalami nyeri saat buang air kecil, hubungi dokter Anda untuk membuat janji. Dan jika gejala nyeri Anda disertai darah dalam urin, demam, atau nyeri punggung, segera dapatkan perhatian. Buang air kecil yang menyakitkan sering dikaitkan dengan infeksi saluran kemih, yang lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Penyebab umum lainnya adalah batu ginjal atau batu kandung kemih.

By admin

RSS
Follow by Email