Buah Nanas dan Manfaatnya

Beritatrendmasakini.com – Nanas merupakan buah yang mempunyai rasa yang sangat manis dan sedikit rasa asam. Buah nanas ini sering untuk di jadikan salad, rujak dan campuran masakan. Kandungan gizi yang terdapat di dalam buah nanas ini yang bisa anda peroleh seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B6 serta folat. Selain gizi tersebut buah nanas ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita secara berseluruh. Untuk mendapatkan khasiat nenas secara maksimal, anda perlu mengetahui manfaat nanas ini.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Anda pastinya sudah mengetahui beberapa manfaat nanas untuk kebugaran tubuh kita, untuk lengkapnya anda bisa mendapatkan segudang khasiat nanas, diantaranya :

1. Mencegah Kanker

Tak seorang pun yang ingin mempunyai penyakit kanker. Banyak cara yang akan di lakukan oleh seseorang untuk dapat mencengah penyakit yang berbahaya ini, dengan salah satu cara adalah dengan melakukan gaya hidup sehat dan harus mengkomsumsi makanan – makanan untuk mencegah kanker. Makanan apa yang dapat mencengah kanker?

Siapa yang menyangka, bahwa nanas adalah salah satu makanan yang dapat mencegah penyakit kanker. Khasiat yang terdapat di dalam buah nanas adalah mengandung zat antikarsinogenik yang mampu mencegah kanker. Zat tersebut berperan sebagi pelindung sel – sel sehat yang terdapat di tubuh kita dari kerusakan. Banyaknya sel – sel rusak yang terdapat ditubuh kita dapat menyebabkan penuaan dini dan dapat menimbulkan penyakit datang dengan cepat.

Selain itu, khasiat nanas bagi kesehatan adalah mencegah penyakit kanker pada usus. Kandungan antioksida pada nanas terdapat vitamin C yang dapat melawan sel – sel kanker yang ada pada dalam tubuh kita. Selain kandungan antioksida, nanas juga mempunyai vitamin A, bromelian, beta karoten dan berbagai senyawa flavonoid

2. Mengatasi Ketombe

Tidak sangka bahwa nanas merupakan salah satu cara untuk mengatasi ketombe. Cara untuk mengatasi ketombe dengan nanas adalah seperempat nanas yang telah masak, kupaslah kulit nanasnya lalu di parut, di peras dan disaring. Tambahkan air panas di air perasan buah nanas itu lalu di tambah dengan satu buah jeruk nipis dan di aduk hingga merata  setelah itu di gosokan ke kulit kepala yang mempunyai ketombe.

3. Mencegah Kembung

Gejala perut kembung sangat sering menjadi momok karena mengganggu kegiatan sehari – hari. Ketika anda sedang mengalami perut kembung, anda bisa mengkomsumsi buah nanas. Buah nanas yang mempunyai duri ini sangat berguna untuk mengurangi perut kembung dikarenakan terdapat kandungan bromelain sehingga dapat membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi perut kembung.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selanjutanya khasiat nanas bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan tulang. Yang bisa didapatkan tubuh kita dari nanas adalah kandungan mineral – mineral penting seperti kalsium dan mangan. Mangan berfungsi untuk menjaga saraf dan otak sedangkan kalsium mampu membantu menjaga kesehatan tulang dan memperkuat jaringan ikat.

Related posts